nhk

Ducati dan Kawasaki Bagi Kemenangan di Jerman, Rea Diambang Juara Dunia

Jonathan Rea, raih kemenangan ke-9

ManiakMotor – Ducati dan kawasaki berbagi kemenangan saat berlaga di Lausitzring, Jerman (17-18/9). Kalo saja balapan babak kedua tidak diganggu guyuran hujan cukup lebat, besar kemungkinan Kawasaki pulang tanpa podium pertama. Dan lomba seri ke-10 ini berlangsung dengan sangat dramatis.

Bagaimana tidak. Ketika di babak pertama (17/9), Chaz Davies dari Inggris dengan Ducati begitu mendominasi. Bahkan Tom Skyes, salah satu andalan Kawak ditinggalkan sampai tiga detik dalam empat lap. Malah, saat menyentuh garis finish Davies sudah unggul 10 detik.

Sementara ujung tombak Kawak lainnya, Jonathan Rea bernasib apes. Pebalap Inggris ini kehilangan 20 angka setelah terjatuh di lap 7 akibat problem downshifting. Beruntung ia tidak mengalami cedera dan kegagalannya itu ditebus pada balapan babak kedua.

Hujan lebat sempat menunda lomba hampir satu jam. Pembalap sempat melakukan warm-up lap, tapi pimpinan lomba memutuskan untuk ditunda lantaran permuakaan trek penuh air. Setengah jam lebih dan hujan lebat berhenti lomba pun dimulai dengan pengurangan jumlah lap.

Dalam kondisi trek licin, Rea dengan Kawasaki ZX-10R melejit bak anak panah. Sementara Davies tampak sangat takut dengan kondisi licin membuat posisinya terus tersalip pembalap, sehingga harus puas finish keenam.

Skyes yang berusaha menebus kegagalan di balapan pertama, tampak meningkatkan kecepatan di putaran awal. Mungkin kurang memperhitungkan kondisi ban yang masih dingin, akibatnya ia terlempar dari motor. Meski dapat bangkit, ia coba mengejar ke depan dan harus puas finish ke-12.

Lomba babak kedua ini akhirnya dimenangkan oleh rea. Ini mereupakan kemenangan ke-9nya musim ini. Puncak pimpinan klasemen semakin kukuh di atas dengan 393 angka dan unggul 47 angka atas rekan setimnya Skyes. Lomba tinggal menyelesaikan 3 seri lagi dan sangat mungkin Rea menggondol juara dunia untuk kedua kalinya. Maliq

BAGIKAN