nhk

Ducati Dibeli Audi

 

 

Pabrikan mobil Audi akhirnya membeli pabrikan motor Ducati senilai 860 juta euros. (Jika kurs 1 euro adalah Rp 12.000, maka harga beli Ducati adalah Rp 10.320.000.000.000 atau sepuluh triliun tiga ratus dua puluh miliar rupiah). Walah, mahal amat yak.. Pembelian itu termasuk semua asset maupun utang-utang Ducati yang konon sekitar Rp 3 triliun!

Menurut pakar keuangan dari Credit Suisse, akuisisi Audi (merupakan induk Volkswagen Group) atas Ducati sebenarnya kurang menguntungkan dari kacamata bisnis. “Secara logika dan di atas kertas, investasi semahal itu  kurang menjanjikan dan tidak masuk akal,” komentar Arndt Ellinghorst dari Credit Suisse.

Dia yakin, pengambil alihan Ducati oleh Audi lebih didasari emosional dan melulu karena alasan brand (merek). Wajar. Siapa sih yang enggak tahu Ducati? Ini  adalah merek sepeda motor legendaris danmemiliki nilai eksotisme tinggi.

Arndt Elllinghorst menggonggong, teken jual beli tetap berlalu. Kedua belah pihak gembira atas akuisisi itu. “Ducati sudah lama terkenal di seluruh dunia sebagai pembuat motor yang identik dengan sport,” ujar Rupert Stadler, Chairman of the Board of Management dari Audi AG. Menurut Rupert, pengalaman dan kemampuan Ducati membuat mesin dengan performance tinggi serta meciptakan mesin dengan bobot ringan, adalah salah satu keunggulan Ducati.

Divisi bisnis di Audi, tentu harus segera  membenahi managemen Ducati agar pabrikan motor asal Italia ini dapat terus berjalan dan tidak terbelit utang untuk kedua kalinya.

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353