nhk

Ducati Gila S4RS Dari Amerika

 

ManiakMotor – Tampang Ducati S4RS ini sengaja dibikin tiarap. Tujuannya untuk berlari di lintasan garam yang beken dengan salt flat racer.

Tempat itu untuk mencetak rekor kecepatan motor bagi orang-orang  ‘sinting’ penggemar kecepatan. Juga contoh nyata modifikasi gile, crazy people.

Ducati S4RS lansiran 2007 biasa disebut Ducati Monster yang direhab  Bjorklund Brothers, Carl dan  Markus. Workshopnya di Kota Bellingham, Washington, Amerika Serikat, yang bernama Super Rat (SR). “Motor ini  hadiah dari teman yang pernah kami bantu, maka judul modifnya Ducati S4RS Land Speed Bike,” kata kedua Bro yang rada-rada tapi punya IQ yang rada-rada soal modifikasi rada-rada. Gila sama pintar memang rada-rada bedanya, bro.  

Custom sudah jadi makanan sehari-hari kedua pria bugil alias ‘bule gila’ itu. Termasuk yang rusak-rusak juga dimakan sama keduanya. Kalau benar, itu bule benaran gila. Carl yang berjanggut sibuk membuat tangki, kenalpot berbahan stainless steel, sasis dari pipa, serta memasang roda Aprilia depan.

Sementara Mark, berurusan dengan kaki-kaki belakang seperti membuat bracket. Konstruksi dan desain ala drag, tapi lebih tiarap supaya lebih dekat bumi. Maksudnya efek gravitasinya  kecil dengan tinggi seluruh motor hampir sama  seukuran roda 17 inci.  

Sumbu roda juga lebar untuk kebutuhan trek lurus saja. Jokinya harus tiarap sejajar sasis pada motor  bernomor 46 khas The Doctor pada buritan.  Nomor itu untuk merayu Ducati menyumbangkan ‘sponsor’ pada proyek mereka.

Saat pengetesan, menurut aturan BUB Motorcycle Speed Trial di bawah American Motorcyclist Association (AMA), motor ini tergabung di kelas A-AG 1000 cc. Regulasinya tidak diperbolehkan menggunakan turbo, dan konstruksinya harus mencakup sebagian besar bagian-bagian mesin  motor. Namun, dapat menggunakan sistem injeksi dan bahan bakar beroktan yang dijual umum. Ya, semisal Pertamax Plus bro.

Mark yang ditunjuk sebagai joki, berhasil mencapai top speed 166.360 mph atau setara 266 km/jam. Itu di garam bro. Hebatnya, walau masih pengetesan telah memecahkan rekor milik J. Bartlett pada 1975, dengan menggunakan Triumph. Menurut sumber, Carl and Mark sebenarnya bisa mencatatkan kecepatan lebih baik. Tapi mereka kehabisan dana untuk beli rantai yang kuat berlari di garam.

Sama nasibnya dengan Ducati di MotoGP tuh. Adib

BERITA TERKAIT

Speksifikasi Ducati Sport 1000 S, Tewaskan Direktur Di Jalan Sudirman

Ducati Week di Misano Didatangi Fans dari Seluruh Penjuru Bumi

Ducati Paul Sejuta Kenangan, Ducati Rossi Sejuta Kegagalan

Ducati Dibeli Audi

Ancaman Serius Ducati Panigale Eleven Nine Nine




BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353