nhk

Ducati GP18 Lorenzo Cepat Di Dua Sektor Tes MotoGP Sepang 2018, Ningkat Di Tikungan Medium

ManiakMotor – Ada dua sektor di sirkuit Sepang, Malaysia dikuasai penuh oleh Ducati GP18 Jorge Lorenzo. Dia unggul jauh diukur dari yang terdekat Honda RC213V Dani Pedrosa yang kedua. Apalagi dengan yang di bawah Pedrosa, makin jauh dari Lorenzo yang pecahin rekor kecepatan Sepang dalam urusan testing.

Perbandingan setiap sektor Lorenzo dan Pedrosa

Dua sektor tersebut tentu salahtunya gabungan dua trek panjang Sepang. Satu sektornya  kombinasi tikungan medium dan tikungan cepat. Di area ini sebelumnya tester ‘bermutu’ Ducati, Casey Stoner telah membocorkan perbaikan Ducati 2018.

“Dibandingkan dengan naik merek motor lain, dua sektor saya lebih baik. Tapi ada area Ducati jauh lebih mantap. Seperti dijelaskan hari pertama test, GP18 membaik sesuai gaya saya bermotor. Tapi namanya pengembangan tak pernah selesai dan tak pernah sempurna, masih ada bagian yang butuh ditingkatkan,” sebut Lorenzo yang mencetak 1:58.830 dan menjadi tercepat di tes Sepang 2018.

Catatan itu menggantikan milik Marc Marquez di tempat sama dengan 1:58.867 dalam testing pramusim 2015. Hanya saja, Marquez menggunakan ban Bridgestone dengan lingkar roda yang lebih kecil 16.5 inci. Semakin kecil roda, rpm bisa lebih tinggi dan pembalap lebih dinamis lantaran posisi lebih rendah, dekat lintasan.

Area tersebut adalah sektor 1 dan 4. Di sektor 1 Lorenzo boleh cetak 24.642 dan bandingkan dengan milik Pedrosa di sektor sama. Untuk membandingkannya silakan lihat screenshot. Sebenarnya, Lorenzo saat dapat tercepat, di sektor dua justru bukan waktu terbaiknya. Yang terbaiknya di lap 16, sedang Lorenzo dapat waktu terbaik di lap 21. Tapi kalau dilihat dari data saat tercepat itu, speed Lorenzo kalah dari Pedrosa. Ada yang dikorbankan.

Walau membaik, GP18 masih tetap mengandalkan sirkuit-sirkuit cepat. Kelihatan di sektor 2 dan 3 yang banyak tikungan lambatnya, GP18 masih butuh dikorek. Itu yang Lorenzo  sebut di sektor tertentu dengan motor lain maksudnya Yamaha, dia lebih cepat. MM