nhk

Ducati Ketangkap Kamera Jajal Mesin V4 Superbike

ManiakMotor – Ducati menjadi berita utama dalam beberapa bulan ini. Bukan saja lantaran kemenangan spektakuler di Mugello, Italia yang dikandang sendiri, keemudian berlanjut di Catalunya, Spanyol. Dari luar arena motogp, pabrikan sepeda motor Italia ini – sedang diincar Harley-Davidson – ketangkap kamera sedang menjajal Ducati bermesin V4 untuk superbike.

Antisipasi Honda

Boleh jadi, langkah Ducati ini untuk mengantisipasi Honda. Pabrikan jepang itu gosipnya akan menggunakan mesin V4 untuk model RVF1000 yang diandalkan di kejuaraan dunia superbike 2019.

Meski belum ada detail data mesin, menurut sumber yang layak dipercaya, mesin V4 akan meminjam elemen-elemen dari mesin Superquadro v-twin dan Desmosedici V4. Untuk mesin Desmo sendiri yang dipakai bagian piston.

Nah, dalam uji coba itu tampak superbike Ducati V4 itu pakai lengan ayun satu sisi dan knalpot berada di bawah mesin. Desainnya tidak terlalu berbeda sama Panigale yang beredar di pasaran.

Sumber tadi membocorkan kalo superbike V4 ini akan melanjutkan desain sasis ‘tanpa kerangka’. Trus, subframe belakang terpasang langsung ke mesin. Satu perbedaan mencolok dari gambar ini, silinder belakang mesin lebih menjorok ke belakang pada sasis. Ini mungkin untuk mengatasi masalah keseimbangan sasis.

Itu saja dulu datanya. Untuk lebih lengkap mungkin akan dipajang di EICMA Milan, tahun ini. Maliq

BAGIKAN