nhk

Ducati Panigale 1299S Anniversario, Produk Terbatas Ultah Ducati ke-90, Sarat Teknologi Canggih

ManiakMotor – Ketika berlangsung acara World Ducati Week (WDW) di Misano, awal Juli lalu, ternyata Ducati tak cuma punya calon model baru Ducati Supersport S 939. Itu lo, katanya moge buat pemula bermesin 937 cc 4 katup per silinder yang tenaganya sampai 113 dk. Sayang, tidak surprise lantaran udah bocor duluan sebelum acara di berbagai situs. Nah, satu lagi Ducati Panigale 1299 S Anniversario produksi terbatas.

Dari kata Anniversario, jelas kalo moge ini dilahirkan untuk memperingati hari jadi Ducati ke-90. Tua juga ya. Untuk itu, hanya diproduksi 500 unit saja. Di Indonesia sebentar lagi pasti nongol. Tapi, paling beruntung adalah penonton, kru tim balap dan pembalap WSBK yang berada di Laguna Seca. Karena, di sanalah sosok utuh Panigale 1299S Anniversario itu dipajang disertai video menampilkan mantan pembmalap Ducati Casey Stoner dengan sang motor baru.

Istimewanya apa? Ducati mengklaim ada 12 kelebihan dibandingkan model sebelumnya. Pertama, tentu produksi edisi terbatasnya. Kedua, dari skema warna yang terinspirasi dari motor balap dengan fairing kombinasi putih, merah, dan hitam dipadu kedua pelek dengan warna emas. Trus, pada fairing tertulis Anniversario, begitu juga pada penjepit setang.

Ketiga, pada desain tiga penjepit atas terdapat nomor produksi, semisal produksi pertama berarti 1/500. Tak cuma itu, steering head inserts telah menggeser roda depan 5 mm, sehingga memberikan geometri yang sama dengan model Panigale sebelumnya.

Untuk keistimewaan kelima dan seterusnya, mulai merambah kekomponen pendongrak tenaga dan kenyamanan berkendara. Di antaranya, baterai sangat ringan karena lithiumk lalu penutup sokbreker belakang dan sepatbor dari serat karbon. Untuk paket elektronik yang diperbarui meliputi sistem traksi baru (DTC EVO) dan kontrol roda depan terangkat (DWC-EVO), ditambah dengan Bosch Cornering ABS, suspensi elektronik, dan perpindahan tiap gigi persneling yang cepat.

Jadi, dengan adanya DTC-EVO  yang bekerja dengan motor IMU mampu mengeliminasi roda belakang slip. Bisa begitu, karena sistemnya berdasarkan algoritma baru, sehingga data yang terkirim lebih tepat dan konsisten. Data apa itu? Ya, mengenai sudut kemiringan dan seberapa besar gejala slip akan dialami roda belakang. Asyiknya, DTC-EVO terstruktur dengan level 1 baru yang sebelumnya hanya untuk pengendara yang sudah mahir dan pembalap profesional. Jadi, pengendara pemula pun bisa membesut motor ini. Usah takut tergelincir akibat membuka gas berlebihan. gejalan slip roda belakang sudah diredam dengan kontrol traksi. Ya, kecuali terpeleset karena permukaan jalan lici ada bekas oli (biasa di Indonesia gitu, lo).  Wah, masih banyak lagi kelebihan dari DTC-EVO ini bisa panjang bangat ulasannya.

Karena motor ini bergaya balap, Panigale 1299S ini dijejali kit balap seperti sistem Akrapovic titanium pada knalpot, tutup luar mesin dari aluminium billet dan ada sebuah charger baterai. Ducati Panigale 1299S 90 Anniversario ini mulai dipasarkan pertengahan Juli ini dengan banderol 23.995 poundsterling atau setara Rp 380 juta. Maliq/MM

 

BACA JUGA 

Ini Moge Buat Pemula dari Ducati, Infonya Bocor di WDW 

Garasindo Resmikan Flagh Ship Ducati Terbesar di Dunia 

Dunia Mengakui Ducati XDiavel S, Desain Paling Terbaik 

WSBK Imola 2016: Dua Race Ducati Mengamuk Di Kandangnya

BAGIKAN