nhk

Ducati Perkenalkan Mesin V4, Versi Jalan Raya dan Superbike, Jelang MotoGP Misano

Ducati, V4 Panigale, Test
Ducati Panigale V4 sedang di tes pembalap

ManiakMotor – Jelang MotoGP San Marino, Ducati akan menunjukkan sesuatu buat penggemar, baik di Italia, Eropa, dan seluruh dunia. Tepatnya, pada 7 September ini skuad Bordo Panigale akan mengungkapkan mesin V4 baru yang beberapa hari lalu ke tangkap kamera sedang dijajal di trek Misano.

Mesin itu bernama Desmosedici Stradalem. Diasumsikan, “Stradale” adalah jantung pacu yang memperkuat model street superbike Ducati untuk orang-orang Italia yang suka jalan-jalan. Tapi, inti kelahirannya lebih pada ambisi perusahaan ingin merebut kembali dominasai Superbike Dunia, diperkuat dengan sukses di arena motogp, baru-baru ini.

Ducati V4 versi jalan raya dijajal di trek Misano

Di arena balap, Ducati terbilang sukses, belakangan ini. Namun, divisi balap mereka membutuhkan akses lebih besar terhadap mesin Panigale R berkapasitas 1198 cc V-Twin. Meski sudah punya tenaga 195 HP untuk motor jalanan dan 217 HP di balapan, Ducati masih belum puas.

Karena, Panigale yang sekarang dengan swingarm tunggal sulit dijinakkan. Sementara motogp dan Desmosedici versi jalanan pakai lengan ayun konvensional. Ada kemungkinan dengan V4 baru ini sudah memakai lengan ayun kembar.

Tak cuma itu. Konon, dengan V4 baru ini, versi mesin jalanan bertenaga antara 207-215 HP dan balapnya 230 HP di roda. Mesin multi silinder, tapi inline empat dengan piston 112 mm dengan putaran mesin di 11.750 rpm terlalu biasa untuk Ducati, maka pindahlah ke V4.

Para penggemar Ducati berharap, V4 baru ini ada versi 1.000 cc agar sesuai dengan peraturan balap untuk empat silinder. Karena, versi R berkapasitas 1198 cc dan model S 1.285 cc. Versi jalan raya dan model S akan diperkenalkan di acara pameran Milan, musim gugur ini. Info lebih lengkap menyusul, Maliq

BAGIKAN