nhk

Ducati Superleggera 1299: Harga, Tenaga, dan Bobot … Alamak! Produksi 500 Unit

Ducati, Superleggera, 1299, Italia, Milan,superbike

ManiakMotor – Pada pameran sepeda motor EICMA di Milan, Italia, Ducati memperkenalkan sportbike terbaru, yakni Ducati Superleggera 1299. Penerusnya Panigale 1299, kali ya. Mungkin juga! Yang pasti, motor jenis sport ini dibilang sebagai “Raja Superbike yang luar biasa”. Apa kehebatannya?

Ducati, Superleggera, Milan, Italia, Panigale, 1299
Harga Rp 1 miliar lebih sarat teknologi canggih

Superleggera 1299 dibanderol sekitar Rp1,056 miliar (66.000 PoundSterling). Ini mungkin yang bikin dia disebut raja yang luar biasa dibandingkan pesaing yang sejenis. Menggendong mesin L-Twin Superquadro berkapasitas 1.285 cc dengan tenaga maksimum 215 HP. Kebayang ngak kecepatan tertinggi dengan bobot basah 167 kg dan atau kering 156 kg.

Wow! Bisa seringan itu lantaran bahan dan teknologinya. Bayangkan, kerangka (sasis) model monokok dari serat karbon. Termasuk lengan ayun dan pelek pakai bahan yang sama. Lalu,

Ducati, superleggera, 1299, panigale, superbikle, italia, milan
Lengan ayun, subframe dan pelek dari serat karbon

tangki bensin daru aluminium dan fairing juga menggunakan serat karbon. Belum ada pabrikan sepeda motor dalam memproduksi modelnya menggunakan bahan seperti itu.

Ducati, Milan, Superleggera, Italia, 1299, panigale
Dibekali IMU 6D sebagai pengontrol semua perangkat canggih

Nah, yang bikin Superleggera 1299 jadi mahal dan lebih istimewa lagi, teknologi yang dipakai, bro! Ada teknologi baru dinamai 6-axis Inertial Measurement Unit (IMU 6D) bertugas mengontrol semua unit. Dimulai dari kontrol elektronik, seperti untuk slide (Ducati Slide Control=DSC), traksi (Ducati Traction Control=DTC), kekuatan peluncuran (Ducati Power Launch =DPL), dan Engine Brake Control (EBC), ini sudah ada pada model sebelumnya.

Asyiknya, saat sedang ngebut dan menikung, tiba-tiba harus ngerem mendadak. Tidak usah takut tergelincir, kecuali ada oli atau solar (biasa di Indonesia). Di sini tenaga mesin sudah dibawah kontrol dari sistem ABS Cornering dari Bosch.

Ini semua versi standar. Kalo mau diturunkan balap superbike, dengan tenaga 215 sudah

Ducati, superleggera, Italia, Milan, Panigale
Tangki dari aluminium

cukuplah. Tapi, Ducati juga menyediakan kit balap, di antaranya knalpot Akrapovic dari titanium, a racing screen, plate holder removal kit, kivkstand removal kit, bike cover dan banyak lagi.

Buat biker sejati Indonesia ato yang doyang balap, jangan sampai kelewatan. Karena, Ducati hanya memproduksi 500 unit di dunia. Maliq

BAGIKAN