ECU Aracer Minggat dari Balap Nasional? Ngomong Sertifikasi IMI 2024, Murah?

Maniakmotor – ECU Aracer jadi salah satu part yang wajib mendaftarkan sertifikasi di Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk musim balap 2024.

Berbicara hal itu, apakah Electronic Control Unit (ECU) yang paling laris di balap motor nasional itu, bakal tetap hadir dan mengindahkan kebijakan IMI tersebut?

Itu kita bisa ngomong langsung ke Freddy Gautama, distributor resmi utama Aracer di Indonesia. Doi yang memasok ECU Aracer dengan label USR alias Ultraspeed Racing, nah kalau bro lihat label itu, berarti Aracer milik sampeyan berasal dari toko miliknya.

Berbicara isu sertifikasi part aftermarket, Ko Freddy rupanya tidak kaget dengan pemberitahuan itu, karena sudah tahu sejak  lama. “Dari 2 tahun lalu kita udah dengar kok berita ini, jadi kalau diumumkan sekarang akan fiks, sebenarnya enggak kaget lagi,” ujar Freddy yang akrab dipanggil Ko Freddy itu.

“Yang jadi masalah adalah berapa besar biaya yang perlu kami bayarkan. Kalau sampai terlalu besar ya kami nggak sanggup, maklum lah kita kan pemain kecil. Ini sih saya dengar Rp5 juta per tahun, ya masih gas lah,” ucap Freddy.

Freddy Gautama
Tahu dong yang mana Freddy Gautama

Bukan berarti ko Freddy selaku distributor Aracer di Indonesia tidak setuju dengan penetapan ini. Justru ia sangat mendukung, dan menurutnya ini kesempatan bagus.

“Kan artinya kita jadi brand resmi di IMI, ya nantinya mungkin gak hanya Aracer yang kami daftarkan. Blok mesin dari Ultraspeed, atau selang rem yang dipakai banyak tim balap, itu juga bakal kami daftarkan,” tuturnya.

“Tapi ini kan masih berstatus rencana, kita tunggu aja rakernas gimana. Semoga sih tetap menguntungkan banyak pihak, yang pasti kalau bagus kita dukung terus dan menurut terus,” pungkasnya.

ECU Aracer sendiri saat ini sudah bertipe kan Aracer Super X, itu yang paling baru bro. Nah, semoga saja sertifikasi ini hanya tertuju ke brand saja, bukan model.

Karena kalau model, maka semua tim wajib memakai ECU Super X dan Aracer versi lama, dibuang gitu? Kan sayang yak, ya mari tunggu keputusannya.

Raider