nhk

ECU Moto2 2019 Lebih Sederhana Pada Motor Triumph, Sesuai Kelasnya

Magneti Marelli control box, Grand Prix Of The Americas, 2018

ManiakMotor – Tahun depan ECU (electronic control unit) pada Moto2 menggunakan Magneti Marelli. Elektronik ini yang sekarang digunakan secara seragam di MotoGP. Ingat 2019 Moto2 menggunakan mesin Triumph 3 silinder 765 cc. Saat ini pada mesin Honda 600 cc, ECU-nya bawaan pabrik.

Ada beberapa fitur yang dicopot dari elektronik Magneti. Misalnya tanpa kontrol traksi, sehingga pengendara mengatur sendri selongsong gasnya untuk mengatur tenaga, “Pada umumnya elektronik Moto2 pada Triumph masih digodok. Selesainya nanti usai test musim dingin,” kata Direktur Teknologi MotoGP Corrado Cecchinelli seperti dilansir dari Crash.

Cecchinelli melanjutkan yang sudah pasti pada ECU Magneti Marelli adalah launch control yang berguna saat start. Juga pengaturan torsi yang berbeda-beda sesuai karakter sirkuit. Lalu, juga manajemen engine brake.

Di dalamnya ada kontrol agar deselerasi ketika engine  brake berlangsung halus. Itu  mencakup pemutusan sesaat throttle ketika turun percepatan ke gigi rendah,”Yang pasti hilang adalah kontrol traksi. Tapi dilihat dulu tahun pertama sambil melakukan pengujian,” tutup Cecchinelli. MM

BAGIKAN