nhk

ECU Programmable Rextor RS1, Sederhana Tapi Komplet Buat Harian

ManiakMotor – Rextor telah mengeluarkan ECU programmable buat injeksi. Namanya RS1 yang untuk harian. “ECU ini sebagai jembatan pada produk yang di atas standar. Kalau RS1 murni untuk harian,” kata Joko Pramudito, direktur teknik Rextor. Dari intip-intip portal ini, Rextor sebenarnya meriset tipe RR1 yang murni programmable dan stand alone. “Tetapi setelah diujicoba ke beberapa mekanik, terdapat beberapa kendala. Makanya butuh adaptasi dari karburator ke injeksi fokus RS1 dulu,” lanjut rat sniper itu.

Nah, bedah dulu fitur RS1 ini. Jadi mekanik enggak perlu pusing membuat base map. Apa sih base map? Itu lho, grafik pengapian dan grafik suplai bahan bakar agar didapat Air to Fuel Ratio alias AFR tepat sesuai kondisi mesin. Bikin base map ini enggak mudah, pengukurannya juga ratusan kali di dyno. Nah, soal ini, biar insiyur Rextor saja yang pusing. Kan dia dibayar buat itu.

Best base map ini sekarang dikunci alias programmed ECU. “Kita beri kebebasan mekanik untuk menyesuaikan setting sesuai motor masing-masing. Misalnya ganti knalpot racing atau modifikasi mesin,” lanjut Joko yang pusing mikirin menteri, eh program. Menurut Joko, yang gak ada hubungannya sama presiden terpilih itu menambahkan, kalau base map yang ada di RS1 adalah mapping terbaik dari motor standar.

Sekarang giliran menunya. Pas buka program ECU, cuma ada satu tampilan. Terdiri dari table Fuel Base Compensation (FBC), Ignition Base Compensation (IBC), Throttle Acceleration Pulse Width Compensation (TAPWC), Engine Limit Management (ELM), dan TPS Zero Management.

FBC dan IBC sampeyan dah pasti ngerti. FBC menambah atau mengurangi bahan bakar dalam persen dibanding base map. IBC, majuin atau mundurin pengapian dari base ignition map. TAPWC, ini fungsinya pas akselerasi, kalau di karburator itu pompa akselerator lah. ELM, ya membatasi putaran mesin. Bisa dimatikan bahan bakarnya atau pengapiannya.

Nah, ini yang keren.. TPS Zero Management. Bekerja ketika mesin deselerasi atau saat tutup gas. Angka yang dimasukkan adalah angka putaran mesin di mana injeksi diinginkan bekerja kembali. Contoh, mesin melaju di putaran 14 ribu RPM, terus tutup gas. Saat ini injeksi bahan bakar dimatikan. Tujuannya jelas, ekonomis. Mesin kan gak butuh bahan bakar.

Tetapi justru yang oke fungsi lainnya. Bisa digunakan untuk mengatur engine brake! Jika mau engine brake terasa banget, masukkan putaran mesin lebih rendah lagi. Kalau mesin mau sedikit ngeloyor (misalnya untuk rolling speed), masukkan angka yang lebih tinggi. Kampas kopling juga bisa lebih irit lho? Komplet tetapi sederhana! Kyai Pradah

BACA JUGA

Tips Motor: Khawatir Matik Kekeringan Oli, Pakai Pelumas Untuk Bebek

Tips Motor: Matik Hilang Kompresi, Semprot Oli Saja Di Lubang Busi

Tips Motor: Spesial Tools Dari Busi Bekas: Buat Setel Kamrad Dan Angin Karbu!

Tips Motor: Cara Pasang Knalpot Racing Matik, Jauhkan Dari Bodi Dan Rangka

Tips Motor: Deteksi Sederhana Sokbreker Mati Dan Merawatnya

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353