nhk

MotoGP; Edan Pedrosa Pecahkan Rekor Aragon

 

ManiakMotor – Edan otak kiri Dani Pedrosa! Hanya utak-atik suspensi dan serangkaian perangkat elektronik Dani Pedrosa pecahkan rekor sirkuit. Dalam testing itu, racikan paketnya terasa pas. Sudut tikungan  dilahapnya seperti layaknya trek lurus dengan tetap membetot gas alias kebanyakan on throttle

Pasti itu di sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, tempat testing resmi MotoGP 4-5 September 2012. Sirkuit cepat yang jalurnya brlawanan arah jarum jam (anticlockwise).  Sirkukit yang punya 17 tikungan dan 10 di antaranya harus pakai otak kiri alias menikung ke kiri. “Akselerasi motor sangat membaik,” kata Pedrosa setelah melahap 35 laps yang bikin rekor.

Gilanya Pedrosa mulai memprovokasi di hari pertama Selasa (4/9). Di depan anak-anak Yamaha Factory Racing, ia geber RC213V versi 2013 seolah balapan lawan Jorge Lorenzo. Hasilnya, ia cetak best lap 1 menit 47,983 detik. Melampaui lap record 1:49,451 dan pole record 1:48,451 milik Stoner yang tercatat resmi.  Bedanya, rekor Stoner diembat dengan mesin 800 cc. Pedrosa sekarang pakai 1000 cc (ini sih ente juga sudah tahulah).

Tanpa Casey Stoner, dengan sendirinya Dani Pedrosa jadi raja (bukan gajah) tunggal di Repsol Honda. Semua enerji tim ditumpahkan kepadanya. Sebagai balasan, si Matador pun tampil edun. Tak cuma saat balapan macam di Brno tempohari, sekadar uji coba pun ia tetap pol-polan.

Sayangnya, catatan itu tak otomatis jadi rekor baru karena dibuat saat tes. Tapi, itulah tanda-tanda Pedrosa sudah makin Satu Hati dengan tikungan kiri dan motornya makin enak di sirkuit cepat. Sirkuit yang seharusnya milik Yamaha M1 dengan ilmu geometri yang disempurnakan Masao Furusawa.

Dasar pembalap, tetap Pedrosa merasa kurang kencang meski lebih cepat 0,488 detik dari Lorenzo. “Besok (maksudnya Rabu, 5/9 ini) harusnya bisa lebih cepat lagi. Suspensi belakang dan elektronik tetap jadi fokus pengembangan. Sudah membaik, tapi konfigurasinya hari ini belum sempurna. Ini hari terakhir tes musim 2012. Kami harus mengolek data sebanyak dan seakurat mungkin untuk pertarungan berikutnya,” sebut Pedrosa seperti memberi sinyal ancaman buat Lorenzo sembari mengedipkan mata. Soal kedipan mata, pasti bercandalah, Lae? Yang lainnya benar.

Selain dirinya, tes ini juga diikuti Lorenzo dan Ben Spies (Yamaha), Jonathan Rea (Repsol Honda) dan Stefan Bradl (LCR Honda). Buat mereka semua, ini bukan sekedar tes-tesan tapi sekaligus sebagai persiapan penting menyongsong GP Aragon akhir bulan ini. Khususnya buat Pedrosa, Aragon sangat vital dalam perburuan gelar bersama Lorenzo terlepas dari apa pun hasil di GP San Marino pada 16 September.

Lorenzo yang diudek-udek Pedrosa di puncak klasemen, jelas tak nyaman dengan hasil tes sang musuh. Apa kata Lorenzo dan mau masak (eh, bikin) apa hari ini, cari saja di Berita Terkait-nya, masih di portal edun ini. Andro

BERITA TERKAIT:

MotoGP; Lorenzo Mengeluh, M1 Lelet…

MotoGP, Pedrosa Diintai Di Sirkuit Cepat Aragon

Fakta MotoGP Brno, Pedrosa Tekuk Lorenzo Di Tikungan Kiri

MotoGP Indianapolis, Pedrosa Pemain Otak Kiri

Lorezo VS Pedrosa, Joki Spanyol Beda Jurus

Jelang MotoGP Ceko, Hati-Hati Lorenzo, Pedrosa Mengejar..!

MotoGP Sachsenring, Pedrosa Melebihi Rossi..!


 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353