Efek Pakai Aero Rack, Aprilia RSGP 2024 Dapat Down Force Lebih Besar! Tapi Kok Malah Ganggu?

Maniakmotor.com – Lebih banyak downforce, artinya motor makin anteng. Kan ban terus menyentuh aspal bro. Ya otomatis motor jadi tidak terasa liar. Apalagi buat Aprilia RS GP 2024.

Itu efek setelah kemarin sampai menggunakan Aero Rack pada hari pertama tes Sepang 2024. Mantap dong? Ternyata ada tapinya nih, ternyata Aprilia justru dapat feedback yang kurang baik. Itu, setelah di hari kedua 7 Februari 2024 ini dicoba habis-habisan oleh Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

RSGP 2024 sangat berbeda ketika dikendarai Aleix Eapargark dan Maverick Vinales yang juga coba Aprilia RSGP spek 2023 secara bergantian.

Aleix Espargaro langsung banyak bicara menjabarkan. “Kami sekarang memiliki lebih banyak tekanan kontak ( akibat Donwforce) pada roda depan. Selain itu, kami menguji tiga kombinasi sayap berbeda untuk punuk serta beberapa hal kecil lainnya,” ujar Aleix

“Hal ini membuat motor terasa lebih berat dan kami perlu mencari tahu perubahan apa yang ingin kami pertahankan setelah sesi tes ini,” sambungnya.

Bagus dong? Kan yang dicari emang down force itu? Ternyata, gak cuma sampai sana bro.

Tekanan-tekanan ke aspal yang lebih banyak itu justru juga menyimak efek samping. Bukan hanya lebih pelan, tapi juga feeling berkendara yang jadi terganggu ketika memakai Aprilia RS GP 2024 itu.

Aprilia RSGP Terasa Makin Berat

“Motor jadi terasa lebih berat, dan itu membuat anda sulit untuk bermanuver atau berpindah posisi. Terutama di bagian chicane dan Flip flop,” timpal Vinales.

“Kemarin akhirnya saya mencoba RSGP spek tahun lalu. Benar saja, time langsung on point sesuai target. Artinya kami perlu lebih banyak lagi belajar. Karena masih ada aspek lain yang harus diseimbangkan,” pungkas Vinales.

MM