nhk

Elmu Pelintir Gas Drag Bike..!

 

 

ManiakMotor – Pergelangan tangan kanan satu hati dengan kaki (pindah gigi) dan jari-jari kiri pada kopling. Jika ini cepat, cermat dan cerdas sesuai irama mesin drag bike, berdoa saja juara bisa didapat. Bagian ini harus rajin dilatih berulang-ulang. Itu pesan para pedarag papan atas, lho.

Jika start 75 persen penentu kemenangan, pergelangan tangan, jari-jari dan tungkai kaki bagian dari persentse ini. Tetapi lebih utama pergelangan, apalagi matik, tertumpu di situ mengatur putaran mesinnya. “Di ilmu atletik soal pergelangan ini disebut followthrogh. Sebenarnya bukan hanya pergelangan tangan, tetapi untuk latihan semua persendian, supaya  lancar, lincah dan tidak mengganggu gerakkan badan yang lain. Bukan hanya dibutuhkan di drag, tapis semua balap motor. Di drag lebih penting, karena mengejar waktu singkat,” jelas Gandung Darmoko, pelatih fisik semua olahraga bermotor dari IMI Racing Academy di Pondok Cabe, Depok.

Persendian akan luwes dari hasil latihan kontinyu. Ini bisa dilatih sembari nganggur nggak ada balapan. Misalnya memanfaatkan setang bekas yang diberi selongsong gas berikut pegasnya. Ya, dibetot-betot saja itu bro, usahakan pergelangan saja yang bergerak. Nantinya orang sekitaran bilang sampeyan mulai begini; sembari telunjuk ditempel miring di jidat.  Karena pegang setang nggak ada motornya, hehehe. 

Nggak papa, disebut ‘miring’, toh nantinya ala bisa karena biasa, karena sering melakukannya. “Saya rutin melatih pergelangan. Di sini ketepatan rpm ditentukan saat start dan perpindahan gigi,” tegas Eko Chodox, pedrag papan atas saat ini. Nah jangan lupa juga membaca ilmu start yang ini; Drag Bike; Teknik Start 75% Untuk Kecepatan, Wuzzz…!

Di drag bike, 100 rpm saja terbuang, kekalahan menanti. Dan rpm percuma itu, kesalahannya sebagian dari pergelangan. Hatinya mau cepat, pergelangan malah lambat. Begitu sebaliknya. Incar kepala kena kaki. “Dia harus satu komando antara otak, hati dan pergelangan. Usahakan bagian bahu, lengan dan sikut tidak ikutan goyang. Cukup pergelangan yang bermain, agar motor tetap lurus. Sehingga, fungsi pindah gigi dan kopling berjalan normal,” timpal Dwi Batank, pedrag yang namanya sering menghiasi hasl lomba.

Bukan asal pelintir sekuat-kuatnya, lalu anggota badan  bagian kanan ikut sibuk dan badan ikut miring. Itu karena tangan dari pergelangan ke sikut tertekuk dalam-dalam. Coba lihat joki pemula, begitu bentuknya dari start sampai finish. Ya, namanya juga pemula. Semoga dengan membaca ilmu ini si pemula akan melakukan latihan berulang.

Pergelangan dragbiker terlatih, tahu membawa motor sesuai karakter kapasitas (cc) dan korekkan. Pergelangan mereka seperti ada otaknya. Hei, otak tetap di kepala, pak. “Iya, kalau sudah sering dilatih dan ikut lomba, sudah ada ritmenya mengurut mesin,” sambar Richo Bochel yang ahli membetot selongsong gas matik.

Intinya berlatih yang banyak. Tidak ada yang jago, adanya yang mahir karena terlatih. Ardel

BERITA TERKAIT

Drag Bike; Teknik Start 75% Untuk Kecepatan, Wuzzz…!

Drag Bike 2013, Mesin Matik Racikan Thailand Bakal Nganggur

Drag Bike 2013, Yamaha SE YZ250 2-Tak (MC Racing), Tantang KTM250SX

Alat Pencatatan Waktu Drag Bike, Ada Yang Cepat, Ada Yang Lambat..!



 
 
 

BAGIKAN