nhk

Enam Point Pembicaraan Test MotoGP Pramusim Jerez, Salah Satunya Marquez Dan Yamaha

Maverick Vinales M1 2019

ManiakMotor – Akan ada test pramusim MotoGP 2019 pada Rabu 28 dan Kamis 29 November 2018. Tepatnya di sirkuit Jerez, Spanyol.  Ada enam point pembicaraan pada test kedua sebelum liburan akhir tahun atau musim dingin di sana.

Apa saja menurut versi MotoGP.Com?

Marquez Mulai Dapat Pesaing

Tentu saja ini baru awal yang  tampaknya Marc Marquez (Repsol Honda Team) akan dapat tantangan keras menambah gelar ke-8 pada 2019 atau tahun depan. Marquez hanya ketiga di bawah Maverick Vinales. Ya Vinales (Yamaha) ini dianggap penantang keras yang di test Valencia langsung puas dengan mesin M1 2019.

Selain Vinales ada Andrea Dovizioso (Ducati) yang juga cepat atau kedua saat test di Valencia. Dovi diprediksi lebih siap tahun depan. Pembalap Suzuki lewat Alex Ris juga terlihat mengancam. Juga Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) juga terlihat mengancam.

Apakah nama-nama ini kembali akan bersaing di test Jerez, untuk membuktikan mereka betul-betul pesaing Marquez. Tapi ingat, Marquez di Valencia dan Jerez ini masih punya alasan cidera bahu. Dia baru akan dioperasi pada awal Desember nanti,

Apakah Benar Yamaha Meningkat?
Pertanyaan apakah benar dari hasil test Valencia Yamaha sudah siap bertempur dengan  Honda dan Ducati tahun depan. Vinaes di Phillip Island menang telah membuktikan memutus paceklik Yamaha dari 25 seri tanpa juara. Atau Valentino Rossi yang dua seri belakangan sebenarnya positif di Sepang dan Valencia, tapi jatuh.

Dua mesin baru yang dicoba di Valencia, Vinales tercepat dua hari. Maka itu disebut sebuah tanda untuk bersaing 2019. Akan bisa kembali disimpulkan ketika test di Jerez. Karena dua pembalap Yamaha juga berharap akan sama baik seperti Valencia.

Lorenzo Masih ‘Belajar’
Salah satu poin pembicaraan terbesar tentang musim 2019 adalah penampilan Jorge Lorenzo dengan RC213V. Di test Valencia dengan RC213V, Loreno yang lima kali juara dunia itu posisi P12. Dia masih terpaut 0,827 detik dari Vinales yang tercepat.

Namun Lorenzo dianggap masih beradaptasi dan masih membawa cidera pergelangan tangan. Apakah dia meningkat di test Jerez ini? Lorenzo di test Jerez ini akan kedua kalinya geber RC213V 2019.

Morbidelli Bersama M1
“Gaya saya sudah cukup mulus dengan M1. Motor ini tinggal hanya urusan riding style,” sebut Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) untuk penampilan pertamanya di YZR-M1 setelah beralih dari Honda dan langsung ke-P6 di test Valencia. Dia hanya 0,217 dari yang tercepat. Joki Italia murid dari Rossi ini langsung nyaman bersama Yamaha-nya. Apakah dia jadi pembalap tukang acak balapan 2019? Silakan lihat ulang di test Jerez ini

Truk KTM Sangat Sesak
Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) memimpin tugas pengujian KTM di Valencia. Mereka banyak membawa komponen baru dari bodi, perangkat elektronik, teknis dan mekanis. Makanya diistilahkan truk-truk KTM penuh. Mereka lagi bersemangat dengan podiumnya si Pol yang ketiga di Valencia.

Saat test pun Pol berada di P13 dan terpaut 0,871 detik dari yang tercepat. Ya, sangat lumayan. Kembali mereka membawa truk yang sesak itu ke Jerez. Mereka banyak agenda yang akan diuji. Dan jangan lupakan perkembangan Johann Zarco yang dua kali crash  di test Valencia pada hari kedua.

Kejutan Dari Rookies?
Moto2 dan kasus khusus Jack Miller dari Moto3 adalah kelas penyumang rookie MotoGP. Tahun depan ada Francesco Bagnaia (Alma Pramac Racing), Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) yang dari Moto2.

Bagnaia adalah juara Moto2 2018 yang jadi rookie terkemuka di dua hari test Valencia. Dia ke-11 dan hanya 0,648 detik dari Vinales yang tercepat. Atau Mir dengan GSX-RR-nya yang ke-14 selisih 0,957 detik dari yang tercepat. Juga Quartararo yang hanya setahun sama dengan Mir di Moto2 langsung digaet Yamaha Petronas. Dia pemain berusia 19 tahun yang ke-16 di tes Valencia yang terpaut 1,334 detik dari tercepat. Sementara Oliveira pakai KTM 2019 masih susah payah di belakang. Ok kita lihat laga mereka di Jerez. Raider

BAGIKAN