nhk

Enduro Indonesia Championship 2015 Kaliurang: OMR KLX Disikat ProSpeed Gudang Garam

ManiakMotor – Dari berbagai kelas di Enduro Indonesia Championship (EIC) 2015 di Kaliurang, DIY pada 19 – 20 Desember lalu, semuanya ketat di trek menantang. Tapi paling ketat adalah one make race (OMR) Kawasi KLX. Juaranya yang bernama Enggar Renaldy pembalap belia asal Dampit, Malang, Jawa Timur.

Enggar membela tim ProSpeed Gudang Garam KTM. Kalau sudah sebut ProSpeed pasti itu KLX Enggar pakai kanalpot ProSpeed juga. ProSpeed yang khusus ofroad. “Iya dong. Itu wajib. Makanya saya sponsorin tim dan event,” kata Bie Hau dari ProSpeed yang kelihatan sangat sibuk di sirkuit.

Sekadar tahu saja, aturan OMR KLX di EIC disebut KLX150, tapi secara aturan ndak ada yang mengikat pada mesin. Semua yang namanya KLX150 boleh ikutan, asal saja pembalap mampu melintasi trek yang disediakan panitia.

Macam KLX Enggar yang aslinya 150 cc sudah berubah jadi 185 cc dengan piston diameter 65 mm. Head silinder juga sudah diutak-atik yang menggunakan kem berdurasi 270o yang mengimbangi kapasitas membengkak. Maksudnya, bahan bakar kian deras dengan kem yang terbuka lama dan menutupnya cepat tersebut. Belum lagi dikendalikan pengapian BRT I-MAX.

Di arena enduro, percuma mesin kencang bila kaki-kaki tak maksimal. Justru treknya minta kaki yang empuk agar pembalap boleh menghendlingnya. Sebagian kaki-kaki pakai YZ punya. “Makanya walau trek cukup sulit, saya masih bisa mengatasinya. Di medan berumput tiba-tiba ada lubang-lubang yang besar, tapi motor tetap tenang,” cerita Enggar yang masih berumur 16 tahun tersebut.

Ok deh. Prat

BACA JUGA

Hasil Enduro Indonesia Championship (EIC), Kaliurang, Jogja (DIY) 20 Desember 2015

Enduro Indonesia Championship 2015 Seri 2 (Jogja): Trek Menantang Bangat, Peserta Mencampai 400

BAGIKAN