Enggak Asal Buat Sayap! Alex Rins Optimistis dengan Yamaha M1 2024, Bakal Dikasih ‘Paham’

ManiakMotor.comTau sendiri ya Bro, Riset Yamaha di MotoGP 2024 ini memiliki perbedaan cukup signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Apalagi ditambah dengan masuknya insinyur-insinyur top pindahan dari Ducati untuk pengembangan Motor M1 mereka, tentunya berpengaruh dengan peningkatan performa terutama di aspek aerodinamis. Maka, hal itulah yang menjadi dasar mengapa Alex Rins mengungkapkan seperti yang tertera di judul artikel kali ini, hehe.

Alex Rins, pembalap baru di tim pabrikan Yamaha yang sebelumnya pernah bergabung dengan tim satelit Honda LCR, pada hari terakhir tes di Sepang menempati posisi ke-15. Meski berbeda 1 detik dengan sang juara Dunia MotoGP musim sebelumnya, Pecco Bagnaia, Rins tetap puas dengan pengalaman kedua menunggangi M1.

Doi mengungkapkan bahwa hambatan yang dirasakan saat bermanuver dengan M1, layaknya pabrikan jepang satunya, Yamaha, masalah masih seputar kesulitan untuk mengerem. Struggle pengereman ini disebabkan oleh Yamaha tidak memiliki banyak cengkeraman pada ban belakang sehingga menuebabkan lebih banyak tarikan pada ban depan. 

Meski begitu, masih ada secercah harapan positif dari Rins; Yamaha bisa maju di MotoGP 2024 ini. Gimana tuh bro emangnya?

“Secara umum itu (masalah pengereman) tidak buruk. Saya menyelesaikan banyak lap dan mencoba beberapa bagian baru, tapi saya masih belum bisa berkendara dengan tenang,” 

“Tim melakukan pekerjaan dengan baik, kami fokus pada fairing dan swingarm. Sebaliknya, framenya tidak kami uji karena Crutchlow sedang melakikan banyak eksperimen. Sebagai gantinya, saya mencoba perangkat penurun belakang dan solusi lain yang menyesuaikan dengan perubahan yang ada. Saya membicarakan ini juga dengan Quartararo, dan dia pun juga yakin M1 akan melaju lebih cepat dibandingkan saati MotoGP 2023” ucap pembalap berdarah spanyol itu yang sebelumnya juga pernah berada di Tim Suzuki Ecstar, dilansir dari situs GPone (Sabtu, 10 Februari 2024).

Alex Rins dan tim saat ini akan memprioritaskan peningkatan pengereman pada M1 di seri pembuka MotoGP 2024 di Qatar nanti. Akan tetapi, doi sendiri masih belum begitu yakin apakah hal yang utama dari peningkatan performa motor pabrikan Yamaha ini dari perbaiakn cengkeraman bagian belakang, atau justru dirinya lah yang perlu melakukan penyesuaian gaya balap dengan kuda besi tersebut.

“Mentalitas adalah milik setiap pembalap. Saya berlomba untuk menang, meskipun tim (Yamaha) sedang dalam fase pengembangan dan peningkatan pada motornya. Tim tahu apa yang harus dilakukan, dan kami menuju arah yang benar. Saya tidak tahu kapan, tapi Yamaha pasti akan sampai di sana (kemenangan).” pungkas Rins sebagai penutup dari ekspresi optimismenya sebagai pembalap anyar di tim pabrikan Yamaha. Masa depan Yamaha yang sedang diharapkan positif oleh Rins dan tim, apakah akan sesuai dengan slogan pabrikan Jepang itu, semakin di depan?

Diva-