nhk

Extra Free Practice MotoGP Qatar 2017 Kembali Molor, Genangan Di Losail Parah

MotoGP Qatar Molor Dari Jadwal

ManiakMotor – Sesi tambahan khusus buat pembalap MotoGP. Ceritanya lintasan Losail habis diguyur hujan. Lintasan yang nasih berlapis air tersebut disuruh coba atau kata lainnya penyesuaian. Apakah menganggu pandangan atau kata lainnya lapisan tersebut menjadi cermin yang memantulkan cahaya lampu sirkuit. Maklum selama ini balapan Losail jarang ada hujan. Pernah hujan 2009 jelang race, tapi saat itu lomba ditunda sampai besoknya.

Sabtu 25 Maret 2017 hujan nggak henti-hentinya di seputaran Losail. Memang berhenti namun masih meninggalkan aspal yang basah persis waktunya kualifikasi Moto3. Jadwal Moto3 itu pun mengalah digantikan yang disebut Extra Free Practice (EFP) untuk MotoGP.

Sengaja diberi kesempatan dengan ban basah, karena dikhawatirkan hujan masih akan datang. Padahal masih ada sesi FP4, Q1 dan Q2 atau kualifikasi utama. Belum lagi, bila pembalap setuju saat race hujan. Nah EFP ini waktunya untuk coba lintasan basah saat lampu Losail menyala. Apakah menganggu pandangan atau tidak?

Saat jadwal EEP ini di beberapa bagian sirkuit masih ada genangan yang parah bikin motor terapung. Petugas berusaha keras menyingkirkan genangan tersebut dengan berbagai cara. Ada yang sedang menyedot air dengan pompa yang dialirkan ke ke sisi luar sirkuit. Ada pula truk tangki air yang menyedotnya. Adu juga truk yang sedang meniup air dengan cerobong besar dan kelihatannya butuh waktu yang sangat lama.

Jadwal yang tertera 18:00-18:20 sebagai MotoGP Extra Free Practice sudah terlewati, coba baca ini. Bahkan sudah masuk ke jadwal kualifikasi Moto2 yang direvisi ulang. Tapi di lintasan masih pada sibuk sedot air tuh. Bisa begitu, karena selama ini Losail tak diperhitungkan bila hujan lebat datang. Drainasenya nggak jalan, mampet.  Di saat sama Safety Commission MotoGP masih terus melakukan pemantauan.

Ya tunggu saja… dan perhatikan jadwal baru yang sudah terlewati terutama EEP. Saat ini di sana sudah pukul 19.00 atau di sini sudah 23.00 WIB. Begadang… Miolo

BAGIKAN