Fabio Quartararo Rekor Top Speed Tertinggi dengan Yamaha M1 2024! Ada Tapinya?

Maniakmotor.com – Tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang boleh bikin  kejutan menarik. Misalnya dari performa Yamaha yang mengalami anomali.

Unik lah, jarang-jarang tim Monster Energy Yamaha, lewat Fabio Quartararo, dapat kecepatan tertinggi. Itu doi dapat pada dua jam pertama sesi tes, mengalahkan too speed pembalap lain termasuk Jorge Martin dari Pramac Ducati.

Ada tapinya nih! Walaupun Quartararo mampu meraih kecepatan tertinggi, performa Yamaha secara keseluruhan masih belum memuaskan.

Meskipun memiliki reputasi sebagai motor yang cepat, Yamaha masih kesulitan dalam menjaga konsistensi kecepatan dalam satu putaran penuh di lintasan. Hal ini terlihat dari peringkat Quartararo yang hanya berada di posisi ke-19 dalam catatan waktu lap terbaik.

Kekhawatiran semakin membesar karena Quartararo dan rekan setimnya, Alex Rins, masih kalah cepat dari para pembalap Ducati dan bahkan rookie seperti Pedro Acosta dari tim GASGAS KTM Tech3. Performa Yamaha juga tergeser oleh duet pabrikan Repsol Honda.

Meskipun demikian, manajemen Yamaha di bawah pimpinan Managing Director Lin Jarvis telah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki performa tim. Mereka telah mendatangkan tenaga ahli dari Ducati, seperti Massimo Bartolini dan Marco Nicotra, serta mengubah budaya kerja agar lebih sesuai dengan gaya Eropa.

Jarvis mengakui bahwa proses perubahan ini memerlukan waktu, dan Yamaha masih dalam tahap pemulihan setelah tahun yang sulit sebelumnya. Meskipun demikian, langkah-langkah yang diambil menunjukkan komitmen Yamaha untuk kembali ke jalur kemenangan setelah beberapa musim yang menantang.

Tes pramusim MotoGP di Sepang telah membuka mata terhadap tantangan yang harus dihadapi Yamaha dalam menghadapi kecepatan dan konsistensi. Namun, dengan upaya perbaikan yang telah dilakukan, harapan tetap ada untuk melihat Yamaha kembali bersaing di puncak klasemen pada musim balap yang akan datang.

MM