Fabio Quartararo Ungkap Alasan Yamaha M1 Tak Perlu Wing Let Godzilla!

    Maniakmotor – Yang pakai sistem aerodinamis dengan ‘gila-gilaan’ udah banyak, bahkan Ducati memunculkan sistem wing let ‘Godzilla’ karena bentuknya yang ada di belakang motor sama seperti ekor ‘Godzilla’.

    Lantas Yamaha? Masih menggunakan sistem wing let Standard yang enggak ‘lebay-lebay’ amat. Terlihat seperti MotoGP umumnya dengan wing let di batok motor seperti biasa.

    Padahal di sisi lain, Aprilia saja sudah mulai mengejar ketertinggalan sistem aerodinamis itu, di libur musim dingin ini. Mereka bersama Aleix Espargaro, Maverick Vinales, dan Cal Crutclow menghabiskan 4 hari di wind tunnel yang terletak di Italia.

    Tapi, ternyata tim riset Yamaha MotoGP bukan ingin santuy di saat yang lainnya bekerja keras mengembangkan teknologi aerodinamis. Namun, menurut Fabio Quartararo bekerja keras pun di segmen itu pun cuma akan berujung sia-sia (untuk saat ini).

    “Tentu penting karena akhirnya, detail inilah yang membuat perbedaan. Kami harus melakukan banyak pengujian dengan aerodinamika, ya,” katanya.

    “Akan tetapi jika kami tidak memiliki mesin yang kuat, kami bahkan tidak perlu berpikir untuk menggunakan downforce seperti Ducati misalnya. Jika kami tidak memiliki tenaga yang cukup, kami hanya akan memperburuknya dengan memasang sayap-sayap ini,” ujarnya.

    Dengan kata lain, ujung-ujungnya kembali ke tenaga motor yang tak pernah didapatkan oleh Yamaha M1.

    Fabio Quartarao lagi-lagi mengungkapkan pentingnya kenaikan spesifikasi mesin dan tentunya juga pengembangan daya kuda mekanis dari Yamaha M1 itu.

    “Memiliki kekuatan memungkinkan mereka melakukan banyak hal, seperti menyebarkan ketiga sayap raksasa tersebut,” katanya.

    “Di sirkuit seperti Le Mans atau Jerez, di mana Anda berakselerasi keluar dari tikungan lambat, ini memungkinkan Anda melepaskan banyak tenaga tanpa wheelie lean saat kami bertarung dengan motor. Sementara kami tidak perlu mengkhawatirkan hal itu sebanyak mereka,” ujarnya.

    Jadi itulah kenapa Aerodinamis atau bahkan sistem wing let ‘Godzilla’ masih ‘belum;’ dibutuhkan di Yamaha M1.

    Padahal kan keren, hehehe… Gimana menurut bro dan sister? Raider

    BACA JUGA