nhk

FDR Grand MotoPrix 2013 Sentul; 11 Seeded 9 Pemula, Hadiahnya Mobil Dan Motor

 

ManiakMotor – Toyota Agya (mobil) dan Yamaha Vixion Lighting telah mejeng di Sentul International Karting And Motorcycle (SIKM), Bogor, Jawa Barat pada 20 Novemver 2013. Kedua unit mobil dan dua unit motor itu merupakan hadiah untuk juara di FDR Grand MotoPrix 2013, dan hadiah yang sangat besar tersebut ‘hanya’ akan diperebutkan oleh 11 pembalap di kategori seeded (MP1 dan MP2) dan 9 pembalap di kategori pemula (MP3 dan MP4).

Di sebut Grand MotoPrix karena event ini sedianya mempertemukan 6 region di Indonesia. Daaaan, pada sesi kualifikasi Rabu 20 November 2013 ini, hanya ada 3 region yang ikut. Yaitu region Sumatera, Jawa dan Kalimantan. “Harusnya semua pembalap dari semua regiom yang juara ikut, jadi akan terukur. Sayang event sebesar ini hanya diikuti sedikit pembalap dan tim,” ujar Doohan Akbaruzaman dari tim Yamaha TDR Warid NHK Racing yang berasal dari region 2 (Jawa) dan berkategori pemula.

Pendapat serupa dilontarkan Agus Setyawan dari Yamaha Yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya yang termasuk kategori seeded region Jawa, “Kurang seru, dari region dua saja tidak sampai separuhnya. Malah beberapa yang juara seeded dari Jawa juga absen,” kata pembalap yang jaya di YCR lalu di tempat yang sama.

Iya Bro. Padahal hadiah mobil untuk seeded  untuk masing-masing juara MP1 dan MP1. Dan  Yamaha Vixion Lighting untuk masing-masing juara di MP3 dan MP4. “Bukan soal hadiah, tapi event ini tidak masuk dalam anggaran  tahun ini. Juga motor kami belum siap, karena eventnya dadakan,” jelas Novi dari Yamaha Rhidlatama yang tidak ambil bagian.

Pembalap Rhidlatama yang bernama Sulung Giwa di region Jawa adalah pemimpin klasemen di MP2 atau Bebek 110 Cc Seeded. Sedangkan di MP1 atau Bebek 125 cc, Sulung adalah peringkat ke-2. Dalam ilmu kira-kira, ia punya kesempatan untuk juara MotoPirx Indonesia.

Tapi lantaran, eventnya bukan masuk jadwal, tim-tim tersebut lebih baik absen. Bisa ditebak, pabrikan juga tidak mendukung. Maklum, pabrikan dan tim melakukan kontrak sesuai jumlah event. Kira-kira sama dengan tim Yamaha Trijaya yang di Jawa juga tak bisa diabaikan sosoknya, namun  tak kelihatan. Apalagi wakil Honda, sama sekali tak hadir.

Agenda soal final ini seharusnya telah dijadwalkan sejak awal. Seriusnya event bisa dilihat dari situ. Lha wong, serial region saja tim-tim nggak hadir antusias ikut kok, kenapa finalnya malah nggak? Nah, ini pertanyaan buat para pengatur balap motor di Indonesia. AN

BACA JUGA

Hasil Grand Final MotoPrix 2013 Sentul, 20 – 21 November 2013

 

BAGIKAN