nhk

FDR IRC NHK SSS MotorPrix Jambi: Nih, MX King Canasta,  Kandidat ‘King’ Sumatera!

Fedri Efendi saat balap. Insert: Fedri (kanan) podium kedua

ManiakMotor – Ketika kualifikasi, MX King korekan Pusaka Racing Yogyakarta ini tercepat dengan waktu 47.212 dan berhak pole. Namun saat balapan, Fedri Efendi, sang rider finish kedua. Padahal, MX King ini jadi salah satu andalan Yamaha di region Sumatera. Ya, kejadian itu berlangsung di Seri 3 FDR IRC NHK SSS MotorPrix region 1 (Sumatera) di Sirkuit Simpang Jomblo Kota Jambi, akhir pekan lalu (6-7/5).

Ini kali pertama MX King dari tim Yamaha Yamalube Canasta RBRT NHK IRC aRacer Arya 117 Mimaki SSS Pusaka Racing naik podium. Seri sebelumnya di Batam (2/4)  finish ke-4 dan nangkring diperingkat keempat klasemen sementara. “Point di MP1 rapat. Kans juara umum masih terbuka. Dua seri terakhir performa motor mulai konstan,”buka Nasta Octavian dan Putra Rizky, duet pemilik tim asal Padang, Sumbar.

Lantas seperti apa korekan MX King yang andalkan rantai kualitas prima SSS ini? Kabarnya, potensi  power MX King bernomor start 98 ini tembus di 30,5 dk dan torsi 19. Ipung, wakil dari Pusaka Racing yang kawal tim urang awak ini menyebut final setting kunci penting. Terlebih region Sumatera dominan trek dadakan. Butuh kecermatan set up mapping berdasarkan layout sirkuit dan cuaca. ”Untuk Jambi settingan dibuat basah karena cuaca panas sekali. Set up AFR pada 11,2-11,8 : 1 dengan flow rate 260,”sebut Ipung yang andalkan ECU aRacer dan injector UMA plus bawaan motor.

AFR alias air flue ratio salah satu parameter penting pencampuran bahan bakar dan udara. Ada patokan untuk menentukan campuran ideal seperti penyesuaian kondisi mesin.  Menurut Ipung,  setting basah buat 3 lap awal harus kerja keras, 4 lap ke atas udah oke. ECU aRacer lebih memudahkan mekanik dalah hal jetting dilapangan. Semua data lengkap mulai AFR, suhu mesin, tekanan injector.

Overall, dengan pengalaman Fedri Efendi dan set up mesin yang optimal menarik ditunggu pembuktian MX King kandidat ‘King’ Suamtera ini. Ardel

 

BAGIKAN