nhk

FDR IRS 150 cc 2017 Sentul (Seri 2): Race 1, Rafid Topan Khasiat Air, Adem YZFR15 Syafina 32,5 dk!

 

ManiakMortor-Khasiat air bikin Rafid Topan Sucipto sukses tepati janjinya. Topan yang membela tim Yamaha IRC KYT Creampie Syafina bilang pada portal  bakal kasih podium sport 150 cc (race 1). Ini lho tulisan soal janji Topan, klik di sini.

Lantas air apa yang dimaksud? Pastinya, bukan air jampi-jampi dari mbah dukun. Wkwk… sengaja dicipratkan pada radiator untuk antisipasi overheat. Ceritanya begini, lantaran ada insiden di lap ke-5, pimpinan lomba memutuskan start ulang (red flag).

Podium race 1 Sport 150

“Jeda waktu menunggu start lagi ada potensi untuk overheat. Padahal posisi motor udah siap di grid, makanya biar menghindari overheat radiatornya disiram air,” bilang Widya Krida Laksana alias GDT, mekanik yang pegang R15 Topan. Logikanya sih ada, tapi untuk sementara alias saat hanya di grid tersebut. Begitu jalan tetap mengandalkan udara dan air yang ada di radiator.

Beda hal dengan R15 pacuan Richard Taroreh (Yamaha Yamalube Jasti Putra NHK FDR 549 Kaboci). Richard yang sudah meninggalkan jauh di dua lap terakhir, berhasil di dekati Topan mendekati tikungan ‘S’ besar. Richard mengaku mesinnya seperti alami gejala panas. Wah… kurang air tuh radiator? Pokoknya hubungkan saja dengan air, air juga bahasa Inggris dari udara.

Topan yang persis di belakang Richard, juga memanfaatkan air alias hambatan udara. Dia pun maksimalkan peluang ini di tikungan terakhir. “Kuncinya di tikungan terakhir, aku lebih berani late braking,” bilang Topan soal kunci kemenangannya kali ini yang dari performa R15 Topan memang naik dibanding seri 1 lalu. HHasil dyno terbaru 32,5 dk, seri 1 lalu baru 31,9. Portingnya memang lebih besar, dari sebelumnya 29 mm jadi 30 mm,” beber GDT yang andalkan ECU aRacer yang membuat Topan bikin best time terbaru ada di hasil ini. .

Tiga besar bahkan lima, tetap milik Yamaha dengan YZFR15. Yang pdoium Topan, Richard  dan Gupito Kresna.  “Wahyu sebenarnya ada progress tapi sayang pistonnya patah di kualifikasi,”ujar Robert Cong, spesialisasi mapping R15 tim Yamaha Yamalube Aspira Premio FSCM WJ72 HDS RT.

Eit, bagaimana dengan CBR150? Dari 17 rider pemacu CBR 150, Fitriansyah Kete (Sidrap Honda Trijaya)  ke-6. Kete memacu CBR150 korekan Haris Shakti Wibowo alias Mlethiz. Ardel

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul Seri 2, Bogor, Jabar 20 – 21 Mei 2017

BAGIKAN