nhk

FDR IRS 2017 Sentul (Final): Sport 150 (race 2), Topan Menang Telak, Bocah 12 Tahun Kasih Kejutan!

Richard, juara IRS, sentul

 

ManiakMotor – Race 2 kejurnas sport 150 cc tak lagi menggoyahkan Richard Taroreh (Yamaha 549 Kaboci) sebagai juara nasional. Meski begitu, pertarungan di kelas yang disupport oleh FDR ini tetap mencuatkan greget yang tak pernah terjadi di lima seri sebelumnya. Rafid Topan Sucipto (Yamaha Syafina) unggul sangat jauh dan M. Robby Sakera (Yamaha 549 Kaboci) naik podium, itulah kejutannya

Yup, Topan yang memacu YZFR15 korekan Widya Krida Laksana alias GDT menang mutlak. Ia meningglkan lawan hampir 1 detik. “Ada perubahan karakter power dibanding sebelumnya. Torsi lebih smooth dengan spek knalpot yang baru dan rotor yang lebih berat,” ungkap Anton, asisten GDT.

Itu yang bikin Topan sukses pertajam rekor di sesi kualifikasi (9/12) dengan best time 1 menit 47. 599 detik.  Masih kata Anton, “Untuk knalpot ada riset baru yang lebih pendek bagian P1 dibanding sebelumnya dengan diameter leher tetap 28 mm. Untuk rotor dari sebelumnya 500 gram jadi 700 gram. Efeknya torsinya jadi lebih kuat,”jelasnya.

Terbukti, seperti ditikungan ‘S’ kecil, R15 bernomor start 50 itu sangat kuat. Itu pun didukung dengan skill Topan diatas rata-rata. “Hasil dyno 32 HP dengan torsi 18,5 Nm dari sebelumnya 18,2 Nm dengan peak power di 12.200 rpm,” tambah Anton. Alhasil, keunggulan Topan ini memang beda dengan seri seblumnya yang sangat rapat hingga lap terakhir tikungan terakhir.

Kejutan lain dari M. Robby Sakera. “Pastinya ini rekor tersendiri, baru kali ini ada rider 12 tahun yang bisa podium di kejurnas sport 150 cc. Padahal, Robby sendiri star dari posisi ke-24,” bangga Subhan Al Ghazali, pemilik tim Yamaha 549 Kaboci.

Robby yang asal Madura, Jatim itu memang jadi project pembibitan untuk sport. “Alhamdulilah ada progres signifikan, awalnya ada progress catatan waktu 1 menit 49 detik. Ini kesempatan ke-10 main di sport 150 dari seri IRS dan Sunday Race. Skill up dan mental tanding mulai matang,”komentar Achos Lalang, juru korek YZFR15 Robby. Mantap! Ardel   

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/hasil-ronde-6-fdr-irs-sentul-bogor-jabar-9-10-desember-2017/

BAGIKAN