nhk

FDR IRS 2017 Sentul (Seri 2): Kejurnas Sport 150, YZFR15 Achos Vs Bima, CBR150 Ke Mana?

IRS Kejurnas 150 2017

 

ManiakMotor – Kejurnas  sport 150 cc mencuatkan dua nama, Achos Lalang dan Bima Aditya. Duet ini tunner YZFR15 yang sedang ngehits di IRS (Indospeed Race Seies) seri  1 lalu di pertengahan Maret 2017. Korekan Achos dan Bima tampil konsisten pada dua reace kala itu. R15 Achos yang dikebut Richard Taroreh (Yamaha Yamalube Jasti Putri NHK FDR 549 Kaboci) dua kali podioum pertama. Lalu, R15 Bima yang digas Gupito Kresna Putra dua kali runner up.

Robert Cong, pengamat sekaligus mekanik yang aktif di balap nasional saat ini, menyatakan kedua motor rada imbang. Sebab kalau di balap saat race nggak yang draw.  “Powernya setara. Mekaniknya juga  cermat dalam maintenance untuk daya tahan engine. Kedua pembalapnya memiliki skill dan mental tanding,” kata Chong.

Akhir pekan ini (20-21/5-2017), keduanya kembali akan diuji pada seri 2 IRS di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jabar. Namanya jelang, suka-suka mekanik pasang target. Keduanya punya target juara. Makanya, khusus Achos, mengaku tak banyak mengubah mesin, masih percaya dari seri  1. “Kita hanya fokus pada jaga mental tanding rider. Persaingan di kelas ini sangat ketat sampai lap tereakhir, bila lengah peluang naik podium hilang,” ujar Achos yang namanya empuk diketik itu, joss.

Bima Aditya tak kalah optimis, itu lantaran sejak seri 1 lalu, ada riset lanjutan yang meningkatkan performa. Terlebih, Bima didukung sarana riset memadai seperti dyno test dan flow bench. “Riset kali ini harus lebih teliti. Jangan sampai maunya banyak, malah meleset,” wanti Bima yang juga kakak kandung Gupita tersebut.

Persaingan di kejurnas sport 150 jaminan menarik, dominasi R15 akan diadu dengan ancaman CBR150. Seri 1 lalu muncul Haryadi Arce (Honda Kawahara FDR ARACER). Rider asal Sulawesi itu naik podium ketiga di race 1. Sayang di race 2 malah gagal finish lantaran mesin mogok. Menarik ditunggu juga  CBR150R korekan Haris Shakti Wibowo alias Mlethiz MBKW2 dari tim Sidrap Honda  Trijaya. Skuad yang dikomandoi ole Rudi Hadinata ini dipastikan tampil. Tahun lalu, CBR150R Mlethiz yang paling melawan.

Tak kalah seru ditunggu ‘janji’ Rafid Topan Sucipto dari tim Yamaha Criempie Syafina. Topan yang di seri 1 lalu belum berhasil menuai poin, janji habis-habisan, karena masih yang dia habiskan.  Topan tak sekedar asal ngomong, tapi dengan segala pengalamannya bisa mengukur performa R15-nya untuk seri ini. Ardel

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353