nhk

FDR IRS Sentul 2016 Race 150: Milik Bangun Septiyana, Wahyu Vs Amin, Terpaut 1 Point!

Road race, IRS, Sentul, seri4

ManiakMotor – Gelaran IRS seri 4 di sirkuit Sentul, Bogor, Jabar terus mencuatkan kejutan. Bila disesi kualifikasi kelas 150 cc sebelumnya ada M. Ilham Buldog (549 Kabocci Racing Team) yang memberi gebrakan dengan raih pole potition. Saat lomba (9/10), giliran Bangun Septiyana dari tim Yamalube Mandiri Bien Racing WHK35 Gandasari FDR memupuskan prediksi dengan tampil sebagai pemenang.

Yup, Bangun bisa disebut kuda hitam pada persaingan super ketat di kelas 150 cc. Start dari posisi ke-7, dengan memacu YZF R15 korekan Hawadis, ia finish pertama dengan sangat meyakinkan. “Seri ini motor sangat kompetitif. Awal-awal lap coba bertahan dibarisan depan, sampai di 3 lap terakhir. Kuncinya di lap terakhir berani lepas dari rombongan,” ujar Bangun yang ngegas R15 karya terbaru Hawadis.

Road race, IRS
Podium 150, Amin, bangun, dan Ilham

“Jadi ini pakai mesin spare. Awalnya akan dicoba Wahyu atau Zaki, tapi keduanya merasa lebih nyaman dengan mesin mereka sendiri. Makanya, Bangun jadi pilihan buat jajal mesin baru ini,” ujar mekanik senior asal Madura itu.

Hawadis membocorkan  ada beberapa perubahan disektor mekanikal terkait dengan regulasi bahan bakar dengan Pertamax Turbo. Utamanya pada perbandingan kompresi dan noken as.  Perbandingan kompresi  sebelumnya di angka 12-an naik jadi 13-an.

“Porting beda, intake pressure disetting naik dari 90-96 Kpa jadi 110 Kpa. Untuk itu mapping juga diatur ulang, utamanya semprotan bahan bakar dari 300 jadi 250. Artinya, efisiensi volumetrik naik. Alhasil horse power  naik,”sebut Robert Conk partner Hawadis dalam maping injeksi.

Kenaikan power itu memang terlihat dari 2 lap terakhir dari total 10 lap yang dimainkan.

Hawadis, H. Bien, Bangun dan Robert Cong
Hawadis, H. Bien, Bangun dan Robert Cong

“Pertarungan yang sangat menyenangkan, meski tak ada dalam peluang perebutan juara umum. Rapat sejak awal lap, tapi power motor memang lagi ON, jadinya bisa lepas dilap terakhir,”ujar Bangun yang juga manager tim gokart.

Posisi kedua ditempati Syahrul Amin dan ketiga M. Ilham Buldog. Pun begitu, suksesnya  Bangun Septiyana bikin persaingan di 150 menegangkan hingga seri final awal November nanti. Jadi rider asal DKI itu bisa disebut ‘pengacau’ point di seri ini. Hasil hitungan sementara, Wahyu Aji 46 point, Syahrul Amin 45 point, Irwan Adriansyah 45 point, Deden Janoer 44 point, Sudarmono 38 point. Seru! Ardel

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul (Seri 4), Bogor, Jabar 8 – 9 Oktober 2016

BAGIKAN