nhk

FDR Kejurnas IRS 2017 Sentul (Seri 2): Topan dan YZF-R15 Tanpa Lawan, Richard-Gupita Aman, Coy!

Topan (50) tak terbendung

ManiakMotor –  Sukses di race1,  Rafid Topan Sucipto (Yamaha IRC KYT Criempie Syafina) mengamuk di race 2 kejurnas IRS seri 2 di sirkuit internasional Sentul, Bogor, hari ini (21/5).  Bila kemarin Richard Taroreh Taroreh (Yamaha Yamalube Jasti Putra NHK FDR 549 Kaboci) ditinggal pada jarak 0.020 detik, kali ini jaraknya sangat jauh 1.321 detik.

Peningkatan ini, sesuai dengan omongan Topan. ”Tikungan terakhir, lap terakhir asal motor kencang nggak apa-apa di urutan pertama. Tapi kalo imbang mending di urutan dua atau tiga. Kans untuk overtake lebih besar ditikungan terakhir karena kita bisa membaca gerak pembalap didepannya,”katanya. Ia sangat yakin dengan performa YZFR15 korekan Widya Krida Laksana ini.

Podium IRS 150 cc

GDT-begitu sapaan akrab mekanik asal Mojokerto,Jatim – bilang bahwa ada sedikit perubahan pada motor. Balapan di race 2, sebutnya  rpm dibuat lebih cepat keluar. Itu berdasarkan input dari rider, tenaga tengah atasnya ditingkatkan lagi. Tenaga puncaknya tembus 13.500 rpm. Alhasil, dua lap terakhir YZF-R15 bernomor star 50 itu memang terlihat unggul tenaganya di tikungan dan straight.

“Cepat dapat 13.500 rpm dari gigi 1 ke-4. Gigi 6 coba stabil di 12.000-an,”bilang Topan yang secara stamina juga TOP BGT. Malah lap 1 sampai 6 sengaja tidak langsung tancap gas karena kurang seru kalo langsung kabur. Sisi entertainnya kurang.  “Balap kali ini sangat saya nikmati dengan performa motor yang optimal,”ungkap Topan yang justru gatot alias gagal total di seri 1 lalu.

Baik Richard maupun Gupita  Kresna (Yamaha Yamalube Borneo Oryza D4RT Nissin KYT) yang finish kedua dan ketiga mengakui penampilan Topan. Posisi 1 dan 2 klasemen sementara masih dipegang keduanya. Pastinya, ketiganya memacu Yamaha YZF-R15. Sing ada lawan! Ardel

BAGIKAN