nhk

FDR-NHK MotoPrix 2016; Awass..!!! Berani Palsu Data, Skorsing 3 Tahun!

 

ManiakMotor-Ini kabar mengejutkan! Sumber infonya dari salah satu tim asal Jatim. Disebutkannya, ada pembalap berinsial SR dan NR telah terkena sanksi PP IMI 3 tahun tidak boleh balap lantaran memanipulasi data. Kedua pembalap tersebut, katanya, emang udah gak tampil di seri Jogya, kemarin. Tapi, di balapan tersebut terindikasi masih ada yang ‘menyolong’ data. Weh…weh…weh!

Perihal ini coba dikonfirmasi  langsung ke Eddy Horison selaku komisi balap motor PP IMI. Tapi sayang, hingga berita ini diketik Eddy Horison belum bisa dihubungi.  Soal  pemalsuan data ini problem klasik di arena balap motor tanah air. Portal ini pun sudah mengingatkan lewat tulisan (baca di bawah ini).

Pada motoprix, kelas pembibitan MP 5 dan MP 6 riskan pemalsuan data. Padahal, sebagai kelas pembinaan, sportivitas mutlak dikedepankan. “Kita sudah mulai mengidentifikasi lewat sistem NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Data di sana dipastikan akurat, utamanya tanggal lahir untuk melacak umur,”ujar MedyaSaputra, selaku Kabid olahraga roda dua PP IMI saat jumpa portal ini di event Powertrack, Ambarawa, Jateng (8/5) lalu.

Yes, dari data NISN pula-lah terlacak beberapa pembalap yang tetap melanggar dan masih aktif bertanding di MP 6 (MP Jawa) hingga seri 3 lalu. Aturannya, MP 5 maksimal kelahiran 2000 (16 tahun) dan MP 6 maksimal kelahiran 2002 (14 tahun). Benar saja, dari pelacakan kami terbukti masih ada yang melanggar. Data ini coba kami lacak sendiri setelah mendapat info awal berupa NISN dua pembalap tersebut.   “Dua pembalap tersebut juga bablas umurnya. Siap-siap aku protes. Aku cek pakai NISN Online,”wanti Novi yang memang getol soal sportivitas ini.

Soal umur memang bisa dilacak dari data di web http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Data siswa bisa dilacak dari NISN berdasarkan nama. NISN bisa dilacak ke sekolah siswa yang bersangkutan. Terpenting sekali lagi jaga sportivitas. Setuju! Ardel 

BACA JUGA 

MotoPrix-Motocross 2016, Protes ‘Curi’ Umur, NISN Solusinya. Gimana tuh? 

Drag Bike-MotoPrix-Motocross-2015; 3 In 1, 70 Tahun Indonesia Merdeka, Balapmotor Bangkit! 

FDR-NHK MotoPrix 2016:Dahsyat! ECU aRacer Perkasa di Jawa, Raja Sumatera! 

FDR-NHK MotoPrix Wonosari (Seri 3) MP 5: MX King Finish Pertama, Tiga Sonic 150R Jawara. Macam Mana?

 

BAGIKAN