nhk

FDR-NHK MotoPrix 2016 Malang (Seri 1); Race MP1 Wet Race, Sonic 150R Vs MX King 150, All FDR Champions!

ManiakMotor-Dramatis!! Wet race alias trek basah di final MP 1 (underbone 150 cc seeded) membuyarkan prediksi. Dari 24 starter yang start, hanya 11 pemain yang finish. Selebihnya, terjungkal pada lintasan yang tak hanya basah tapi juga bumpy. Ya terjadinya pada seri pertama  FDR NHK MotoPrix Jawa di  sirkuit Kanjuruhan, Malang, Jatim (17/4) yang didukung pula oleh SSS Excel Takasago.

Drama MP1 memang tegang, karena di situ ada gengsi tim, terutama pabrikan. Perang teknologi injeksi di bebek 150 yang panas sejak free practice. Memang sirkuit dengan panjang 1,1 Km itu diakui bumpy pada beberapa titik. Paling ‘maut’ di ke-6 menuju ke-7 yang cepat. Makin maut dengan kondisi aqua planning alias aspal dilapisi air yang bikin benda (motor) gampang mengapung sehingga melayang, ya mudah terpeleset.

Adalah Ahwin Sanjaya (Sidrap Honda Tri Jaya) yang jadi korban pertama. Ahwin yang sukses tercepat di sesi kualifikasi terjungkal di warm up lap. Beruntung, Ahwin bisa ikut start, walaupun dengan kondisi setang yang tak ‘normal’.  “Motor sudah susah dikendalikan saat race, nggak finish,” kata Ahwin.

Cerita penggantian ban cepat ala crew MotoGP pun bikin menarik drama 25 lap kali ini. Tapi tidak dengan Boy Arbi yang pakai Honda Sonic 150R dengan ban FDR. Rider asal Pekanbaru itu justru percaya diri dengan ban kering FDR MP 27. “Idealnya pakai basah, kali ini memang lebih yakin dengan tipe kering. Tetap disiasti dengan menurunkan tekanan ban yang sangat jauh,” ujar Boy yang membawa korekan Suhartanto alias Kupret itu.

Entah kebetulan atau memang dia punya cara unik seperti itu, lepas start Boy yang start dari grid 4 langsung memimpin. Di belakang Boy ada Willy Hammer (Yamaha Bahtera) yang start dari grid 2. Nampaknya Willy kelewat nafsu dan langsung terjungkal di tikungan 6 to 7 tadi. Tak hanya Willy, disusul juga M. Nurgianto (Honda Loyal Tech) tersungkur di tikungan yang sama.

Tersingkirnya Willy, memunculkan duet Yamaha Putra Anugrah, Adhila Eka Dharma dan Tomy Salim di belakang Boy. “Gap yang jauh, tinggal main sabar, utamanya di tikungan bahaya itu. Ekstra hati-hati,” ujar Adhila.

Kali ini Sonic unggul, disusul duo MX King. Tapi, memang belum bisa mengukur power sebenarnya. Lha wong, kondisi nggak normal, ”Power memang masih belum 100%, apalagi ini dengan mesin Sonic. Sebelumnya riset mesin CB150R,” tambah Kupret yang aplikasi ECU aRacer dengan TB diameter 32 mm milik  CB150R direamer dengan power di angka 28,3 Hp (super flow). Eit, Duo MX King Yamaha Putra Anugrah juga pakai ban FDR yakni FDR MP 76 (intermediate).

Selamat buat FDR, eh yang menang. Ardel

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Malang, Jatim 16 – 17 April 2016

Hasil MotoPrix Muara Tebo, Jambi 17 April 2016

FDR NHK MotoPrix 2016 Malang (Seri 1): Race MP6 Adenanta Vs Rifky, D45 Racing School!

FDR NHK Motoprix 2016 Jambi: Antara Pabrikan Dan Privateer

FDR-NHK MotoPrix Malang 2016: QTT MP1 (Underbone 150 Seeded) Sonic 150R Tercepat, Ditempel MX-King, Ke Mana Satria F150?

FDR/NHK MotoPrix 2016 Malang: Teknologi Ganas MP1 (Bebek 150 Seeded), MX-King, Sonic 150R, Satria F150!

 

BAGIKAN