nhk

FDR-NHK MotoPrix 2016 Palu Seri 5 (Region 5): Persaingan Honda Dan Yamaha Menjurus ‘Tak Sehat’ Di Sulawesi


ManiakMotor – Kalau sirkuit kecil untuk MotoPrix sudah pasti teknikal. Macam sirkuit Panggona-Jabal Nur STQ, Palu, Sulteng, jadi tempat  panasnya duel MX King 150 Vs Sonic 150R (MP1). Bukti, di luar region Jawa pun, adu gensgi pabrikan Yamaha Vs Honda terjadi. Bedanya, kali ini tanpa Suzuki dengan All New Satria F150 (injeksi).

Di seri ke-5 FDR NHK MotoPrix region ke 5 (Sulawesi), bukan rahasia bila di region ini jadi adu kekuatan Honda lewat Sidrap Racing Managemen (SRM). Di sana juga ada  empat tim pabrikan Yamaha yakni Akai Jaya, Adhi Motor, Makmur dan SJAM. Isu-isu  seperti intrik, tim order, bahkan sampai ‘pengaturan skor’ kerap mewarnai tiap serinya.

Kabar yang usang sebenarnya di Sulawesi diatur pula agar salah satu merek berkibar. Itu hanya kabar loh. “Kabarnya ada pembalap yang sengaja dibayar Rp 3 juta untuk mengcaukan point,” sebut salah satu sumber yang enggan disebut namanya. Sempat juga tersiar ada tim yang mau mendatangkan Ardi Satya Sadarma (Jateng) guna ‘misi’ khusus. Panas kan?    

Makin seru, diputar di sirkuit baru, permanen pula. Saat ini Sulawesi resmi memiliki sirkuit permanen lagi selain Bukit Mario Sidrap, Sulsel. Wow! Cerita sirkuit dengan panjang 1,2 Km dan lebar 8 meter ini adalah berkat prakarsa Pemprov Sulteng dan pihak swasta. Cerita lengkapnya dibahas ditulisan berikutnya.  “Ini sirkuit  dengan variasi komplit macam straight, chicane, rolling speed, dan putar balik. Sepintas  Macam Sentul kecil, skil rider diuji,”ujar Andi Akai owner Yamaha Akai Jaya, salah satu pihak yang terlibat dalam perencanaan sirkuit tersebut.

Nah, cerita jalannya lomba MP 1 (bebek 150 cc seeded) memang langsung panas di race pembuka. “Rencana awal kelas ini dimainkan malam hari alias night race. Tapi atas pertimbangan safety, jadwal diubah. Kelas seeded MP1 dan MP 2  main sore,” kata Mulyadi SE selaku pimpinan lomba. Tuh, ada 9 Soic 150 R mengepung 4 MX King. Mantap! Kans saling mengalahkan terbuka dengan skor 2-2 sampai seri ke-4. Dua kali dipegang Sonic 150R, dua kali pula dikunci MX King. Hasil kualifikasi menempatkan Andi Farhat dan Lucky Kaddi penunggang Sonic 150R di posisi terdepan. Sementara posisi ke-3 ada Ridwan De Aji dengan MX King.

Lepas start, Andi Farhat (Astra Racing Team) Sulsel pemuncak klasemen langsung memimpin. Tapi sayang di lap ke-4 Andi Farhat tampak alami masalah, ”Engine cut sempat tertekan helm pas straight dan menoleh ke belakang,”ungkap Andi yang meski bisa kembali ON tapi jarak terlanjur jauh.

Kesempatan itu diambil oleh Ridwan De Aji (Yamaha Yamalube KYT FDR NGK BAF SJAM). MX King korekan Hawadis itu tampak power full. Sangat disayangkan, peluang podium pertama didepan mata hilang, lantaran Ridwan melakukan kesalahan dengan jatuh sendiri di dua lap terakhir. Waduh! Alhasil, podium 1 dan 2 (Iskar HU dan Lucky Kaddi)  dipegang Sonic 150R dan posisi ke-3  MX King (Anggi Setyawan).

Lalu tak sehatnya di mana? Ya itu tadi…! Ardel   

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Palu, Sulteng 21 – 22 Mei 2016

FDR-NHK MotoPrix 2016 Serang (Seri 2): Dua MX King Konsisten, Rahasianya ECU BRT Juken 3!

FDR-NHK MotoPrix 22016 Serang (Seri 2); Juara MP3-4 Dilatih Profesional Bangat

FDR-NHK MotoPrix 2016 Serang (seri 2): MP2 (Bebek 125 Seeded), Satu Tim Podium Semua

FDR-NHK MotoPrix 2016 Serang Seri 2; Honda Sonic 150R Si Boy Mengamuk Di MP1, Tragedi Kabel Bodi   

BAGIKAN