nhk

FDR-NHK MotoPrix 2016 Serang (Seri 2): QTT MP2 Ditiup Throttle Body SYS

 

ManiakMotor – Bukannya mengesampingkan barang lain, throttle body (TB) juga bisa jadi penentu di era elektronik. Maklum balang yang satu ini bagian dari ECU. Bisa dilacak pada kualifikasi MP2 (bebek 125 cc seeded) di ronde 2 region 2 MotoPrix di sirkuit  KP3B Curug, Kota Serang, Banten (7/5).  Itu sirkuit dadakan yang sudah pasti stop and go, salah satu solusinya pakai TB ini.

Z1 yang digeber Syahrul Amin (Yamaha Yamalube Bahtera NHK NGK Ultraspeed Bahtera RT) tercepat dengan 50.588 detik. “Saya pakai TB SYS berdiameter 30 mm. TB ini dikawinkan dengan ECU aRacer,” kata Widya Krida ‘Gendut’ Laksana, mekanik Yamaha Bahtera.

Katanya sih hanya dengan TB SYS mendongkrak tenaga 1,5 hp. Gede kaleee. Mantap kalau begitu! “Soalnya posisi injectornya berada di TB. Jadi leluasa mengatur posisi TB. Juga buka tutupnya model koin atau kupu-kupu (butterfly),” dukung Robert Cong, pemegang distributor SYS Indonesia sembar bilang model butterfly lebih responsif. “Motor memang jalan pada stop and go. Habis tikungan motor langsung beraksi, terutama pada tikungan putar balik,” nilai Syahrul.

Ada bukti lainnya pada Honda Blade Ahwin Sanjaya (Honda Sidrap Tri Jaya). Ahwin berada di posisi ke-3 saat perebutan grid, dia di bawah Sulung Giwa, rekan satu tim Syahrul. Blade 125 FI yang dikorek oleh Hariz Shakti ‘Mlethiz’ Wibowo itu, juga memasang TB SYS 30 mm. “Tekanan udara meningkat dengan TB bersama velocity-nya.  Efeknya, pembakaran besar, tenaga nambah,” yakin Mlethiz seraya menegaskan grafik power juga menanjak dari hasil dyno sampai  0.4-0.7 dk. 

Terlebih dengan konstruksi mesin yang horizontal, pemasangan TB down draft (efek semprotan), lebih mudah. Tak kalah penting, TB ini pas dengan ECU aRacer (Z1) dan BRT Juken 3 (Blade 125 FI). Oke, kita tunggu pembuktian di raceday esok. Ardel

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Serang, Banten 14 – 15 Mei 2016

FDR-NHK MotoPrix 2016 Serang (Seri 2), ECU BRT (Juken 3) VS aRacer (RC1 Gold)

MotoPrix-Motocross 2016, Protes ‘Curi’ Umur, NISN Solusinya. Gimana tuh?

FDR-NHK Motoprix 2016 Jelang Serang; Yamaha Putra Anugrah, ECU BRT Juken 3 Dual Injector

FDR-NHK MotoPrix 2016: RPM Medan Dengan Satria F150, MotoCross Juga

BAGIKAN