nhk

FDR NHK MotoPrix 2016 Solo (Seri 6): Boy Arbi Jawara Jawa Berkat Ban FDR MP 27, Mantap!

Road race, MotoPrix, solo, Manahan, Yamaha, Honda

ManiakMotor – Boy Arbi (Honda Kawahara FDR KYT NGK) menuntaskan persaingan sengit  di MP1 region Jawa dengan tampil sebagai pemenang. Meski masih satu seri lagi, point Boy sudah tak terkejar. Ia memiliki keunggulan 34 point dengan Dicky Ersa (Yamaha Yamalube NHK IRC Nisisn NGK Bahtera RT) yang di seri 6 ini finish ke-12.

MP 1 atau Bebek 150 cc seeded sebagai kelas pamungkas di FDR NHK MotoPrix seri 6 (Jawa) paling ditunggu sebagai klimaks. Sayangnya, justru berlangsung dalam kondisi lintasan basah alias wet race. Sebelum race MP1 yang diikuti 24 starter, hujan  mengguyur

Road race, Motoprix, solo, manahan, Honda, Yamaha, Boy
Boy dengan ban kering di lintasan basah

sirkuit GOR Manahan, Solo, Jateng (23/10).  “Ini seperti seri 1 di Malang, trek basah dan aku bisa podium pertama. Boleh jadi inilah situasi yang kuharapkan,”ujar Boy yang memang terkenal jago main di trek basah itu.

Benar saja, lepas dari start Boy yang memacu Sonic 150R korekan Alviansyah alias Achong langsung lepas meninggalkan lawn-lawannya. Start dari posisi kedua hingga 22 lap dimainkan, Boy sama sekali tak terkejar.  “Tak ada pilihan harus lepas dari awal. Strategi itu berhasil, jadi tinggal jaga ritme dan kosentrasi. Selain basah, kondisi aspal memang tak ideal,”ujar Boy yang memakai kombinasi final gir 13/37.

Road Race, Motoprix, solo, manahan, boy
Ban FDR MP27 untuk kering bisa juga di trek basah

Menariknya, meski kondisi trek basah, Boy justru pakai tipe ban kering FDR MP27. Katanya sih, lebih karena merasa cocok dan terbukti di seri Malang sebelumnya. ”MP27 sebenarnya tipe yang dirancang khusus untuk trek kering dan dingin. Soft compound untuk daya cengkram maksimal. Overall, ini bukti kualitas produk kita,”ujar Totok Haryanto, juru sibuk FDR yang setia hadir langsung di setiap gelaran MP.

“Tekanan ban depan diturunkan jadi 16 psi (depan) dan 17 psi (belakang). Dalam kondisi normal 20/21psi,”sebut Acong. Mantap dan selamat! Ardel

BAGIKAN