nhk

FDR-NHK MotoPrix 2016 Subang (Seri 5): Mario SA  Double Winner (MP 5/MP6), Ini Ilmunya!

Road Race, MotoPrix, Subang, nario, Ahwin, Tasik

ManiakMotor – Hebat! Dua kelas pemula B, MP 5 dan MP 6 disikat Mario SA (12 tahun) yang lahir di Magetan, Jatim 12 Maret 2004. Pembalap tim Sidrap MPM Honda KYT Nissin IRC Trijaya ini tampil percaya diri, mulai dari sesi kualifikasi dengan merebut  pole position di dua kelas itu, kemarin. Hebatnya,  kemenangan di kelas MP 6 (125 cc di bawah 14 tahun) tanpa lawan.Sementara di MP 5 atau bebek 150 cc Standart di bawah 16 tahun, Mario menang dengan dramatis.

Yup, di kelas MP 6 Mario bahkan bissa melibas beberapa pembalap. “MP 5 meski diawal lap sempat memimpin, tapi bisa diambil M. Rifky. Sampai tiga lap akhir, di dua tikungan terakhir Rifky melakukan kesalahan sendiri dan terjatuh.

Road Race, MotoPrix, Subang, Tasik
Mario in action

Kesempatan itu tak aku sia-siakan Mario untuk  bisa double winner seri ini. Putra mantan crosser Hartoto itu sangat girang. Cerita sukses ‘Super’ Mario-begitu julukannya-bagian dari FDR NHK MotoPrix (Seri 5) di Sirkuit Gerry Mang, Subang, Jabar (16/10).

Mengakui masih minim jam terbang main di sirkuit yang punya panjang 1200 m dengan 14 variasi tikungan ini, Mario coba memberikan kiat suksesnya. “Kelas pemula ini, power motor nyaris seimbang. Fisik, mental mutlak jadi penentu. Mental penting buat jaga kosentrasi lap by lap. Kendala mental kerap aku alami di seri sebelumnya, alhasil kemenangan di depan mata hilang,”kata Mario yang pernah menimba ilmu di Hendriansyah Racing School itu.

Road race, sport, motoprix, mario, subang, tasik
Mario, harapan Indonesia di event internasional

Mental juga perlu diimbangi dengan penguasaan karakter sirkuit. ”Dengan paham karakter sirkuit, racing line jadi efektif. Rasa percaya diri pun tumbuh,”yakin Mario yang juga aktif bermain di IRS (Honda Racing School) itu. Mario lalu mencontohkan, “R1 harus berani late braking, rpm dijaga di 7000-an, turun gigi tiga. Masuk dan keluar tikungan harus cepat,”urainya yang dibantu data logger Mychron 5 itu.

Pantes, dengan data yang akurat pada Mychron 5 Mario pun dengan cepat mengevaluasi dari sesi latihan dan kualifikasi. “Tak kalah penting, saat ini aku sudah berhasil menurunkan berat badanku, turun hampir 6 Kg,”tutup Mario yang memang dari bentuk muka lebih tirus dari sebelumnya. Hehe..Sukses Mario. Ardel

BAGIKAN