nhk

FDR NHK SSS 2017 Wonosari; Torsi Sonic150R Naik 0,5 Nm, Doel Kampiun!

MP Jogja 2017-MP1-Si Doel
Sonic si Doel

ManiakMotor- Faktor teknis dan non teknis penentu podium. Suksesnya Faisal Baharudin (Honda WHK35 IRC NHK Beien Racing) di race MP1 (150 cc) juga lantaran itu. Seacara teknis, set up terbaru Sonic 150R korekan Mlethiz MBKW2 itu cocok dengan tipikal sirkuit Lanud Gading, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta yang digunakan untuk ronde 6 MP Jawa pada  23-24 September 2017 lewat.

Trek tempat berlangsungnya FDR NHK SSS MotorPrix ini dominan main torsi. Maksunya akselerasi harus cepat. Putaran bawahnya kuat. “Hasil dyno terbaru ada kenaikan torsi 0,5 Nm dari sebelumnya 18 Nm. Power sedikit diturunkan dengan peak kisaran 10.000-12.000 rpm,” sebut Ferry GMG, mekanik pendamping di tim milik H. Budi ‘Bien’ Bulkaini itu.

MX-King Sulung

Faktor non teknis, Si Doel sapaan akrab Faisal diuntungkan oleh fight Wawan Hermawan (ART Yogya) dan Sulung Giwa (Yamaha Bahtera) di lap terakhir. Wawan yang sudah memimpin sejak awal, perlahan mampu ditempel Sulung di lap terakhir. Apes, keduanya sama-sama jatuh.

Faisal pun bisa peluk bulan, eh maksudnya dapat durian runtuh. Kata orang sekarang dapat muntahan. ”Menangnya berbau keberuntungan. Aku sendiri sudah berpikir hanya bisa ketiga, tapi insiden Wawan dan Sulung harus aku maksimalkan,” bilang Si Doel yang membuka peluang dalam perebutan juara umum MP1.

Hitungan sementara Si Doel hanya terpaut 5 point dengan Fitriansyah Kete (Honda Trijaya) yang justru gagal meraih point. Sonic 150R si Kete tiba-tiba mogok dan nggak bisa melanjutkan race. “Secara performa, seri ini lagi optimal. Awal lap hingga 1 lap terakhir sebelum jatuh bisa konstan,” bilang Wawan yang mengaku jatuhnya lantaran menghindari ceceran oli. Motor Wawan juga sudah menyetel torsi naik 0,5 Nm.

Jadi catatan penting juga, seri ini jadi kebangkitan Sulung Giwa dan Yamaha Bahera. Hitungan sementara Sulung hanya terpaut 14 point dengan pimpinan klasemen dan masih sisakan dua seri. Berarti tetap panas MX King Vs Sonic 150R! Ardel

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Wonosari Jogja 23 – 24 September 2017