nhk

FDR NHK SSS MotoPrix 2017 Seri 7 Surabaya: Race MP1 Juaranya MX-King Mapping By Leon

mp sby 2017 ronde 7 MP1

 

ManiakMotor – MP1 atau Bebek 150 cc TU Seeded adalah mesin golongan baru di Indonesia untuk di balapkan. Kecepatan saat ini belum sampai topnya semisal Bebek 125 TU Seeded. Masih banyak kagetan-kagetan selanjutnya untuk membuat mesin bebek berdiri dengan Double Over Head Camshaft (DOHC) tersebut. Sebabnya selain DOHC tadi, juga perangkat pengapian elektronik dan kawan-kawannya.

Leon Chandra. Sekali ke pasar senggol, nggak bilang diobrak-abrik ya

Janganlah heran ada yang mahir di bidang elektronik namanya lekas menonjol. Misalnya di seri ini ada Leon Chandra dari Racetech. Leon biasanya hanya kendengaran namanya di Sentul Besar lewat ajian mapping ECU aRacer pada R25. Tapi kini jajal  ‘pasar senggol’ langsung pegang MX-King yang digeber Arianto (Cicile Racing Team) dari Kalimantan. Tidak seperti berita kemarin, MX-King Arianto dikorek Hawadis, ternyata diprotes orangnya. Itu MX-King Arianto yang menang di ronde 3 di tempat sama, asli korekan Racetech sampai mappingnya.

Bukan hanya di ronde 3 itu Arianto dengan mudah mendikte semua lawannya. Bahkan sampai ronde 7 race MP1 yang dipertandingkan Minggu 19  November 2017. Arianto malah kelihatannya leluasa mengatur irama lombanya. Itu lantaran dia pakai Yamaha. Sebisanya boleh ‘menolong’ penunggang Yamaha untuk juara region Jawa. Arianto baru lap terakhir di tikungan akhir mengambil haknya, yakni juara. Karena MX-Kingnya motor juara yang dirancang oleh Leon, eh yang rancang MX-King tetap pabrikannya. Maksud dikorek, gitu jer…

Arianto dan Rey Ratukore

Harusnya kemunculan Leon di pasar senggol, mekanik yang terbiasa di sirkuit macam ini ngaca dong, ah becanda bro. Maaf ya salah ngetik. Bukan bilang juga diacak-acak Leon. Maksudnya lebih giat lagi. Leon baru kali ini terdengar di sirkuit macam ini dan sosoknya hadir langsung, tuh ada fotonya. Leon sih seperti di HDC Kemayoran kelihatan juga, tapi belum khusus menangani seperti MX-King Arianto. “Untuk sejenis sirkuit seperti GBT ini butuk peak power yang tinggi. Sirkuit kecil, tapi berkarakter cepat untuk mesin 150,” sebut Leon yang teknik MX-King bikinannya ada di tulisan lain.

Arianto ini ada kedekatan dengan Rey Ratukore. Rey sendiri di IRS motornya dibikin Leon. Eh, ngomong-ngomong yang juara Region Jawa siapa di MP1 ini, sebelum lomba ini beda point antara Sulung Giwa (Yamaha Bahtera) dan Fitriansyah Kete (Honda Trijaya) pointnya sama. Berarti yang di depan dialah yang juara region Jawa, nah silakan lihat hasil. Tapi kalau bicara MP1 masih akan panjang pengembangannya. Ardel

BACA JUGA

Hasil FDR SSS NHK MotoPrix Surabaya 17 – 19 November 2017

BAGIKAN