nhk

FDR NHK SSS MotoPrix 2017 Seri 7 Surabaya: Race MP2 Rafid Topan, Sekaligus Jadi Juara Jawa

mp sby 2017 race Seri 1 MP2

 

ManiakMotor – MP2 atau Bebek 125 TU Seeded, seluruh mekanik papan atas Indonesia, sudah khatam pada mesin tiduran ini. Kelas ini sudah 15 tahun dipertandingkan di Indonesia dan seluruh mekanikal untuk bikin kencang referensinya sudah sangat banyak. Dari sejak munculnya mesin Swedia yang akhirnya kem-nya beranak pinang. Lalu era ECU dengan Z1 Jepang. Memang munculnya dari Yamaha, tapi namanya mesin 4T, merek lain boleh saja.

Topan setel angin sendiri

Tergambar sudah pada jalannya race MP1 pada FDR NHK SSS MotoPrix ronde 7 di sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Minggu 19 November 2017. Motor yang di depan dikorek oleh mereka yang kenal betul dua ajian pada infomarsi di atas. Asli, walau Fitriansyah Kete yang kedua menggunakan Honda,  tapi mekaniknya melek soal itu. Mekaniknya Blade Kete adalah Mlethiz yang justru saat masih di Yamaha dipercaya salah satu yang merawat Z1 Jepang.

Yang juara di MP2 ini adalah Rafid Topan Sucipto yang adu strategi dengan Kete. Mekanik Topan dan ajurannya, dia lebih memelih untuk menang di trek lurus. Kenapa begitu. “Karena tipe GBT ini sebenarnya masih pasar senggol. Tapi punya trek lurus panjang. Motor harus menang di situ, agar di tikungan-tikungan nggak usah repot,” jelas Topan yang juga menang telak di race ronde 3 di tempat sama.

Agar tahu juga, mekanik yang menangani Z1 Topan yang awal-awal Z1 Jepag disebarluaskan juga dapat jatah paket ECU-nya. Kalau mekanikal mah, Indonesia nggak akan kalah walau  ada beberapa yang diambil dari Z1 Jepang. “Limiter ditambah, kompresi juga disesuaikan kebutuhan putaran tinggi sesuai strategi pembalapnya. Kompresi sebelumnya 13.5:1 diturunkan jadi 13:1,” sebut GDT, tunner Yamaha Safina tempat Topan membalap yang pakai head CNC dengan setelan AFR 11.6 yang artinya nggak kering-kering amat.

Dengan kemenangan Topan ini, dia berhak jadi juara MP2 Region Jawa. Nilainya tidak terbendung dengan dua hasil juara di sirkuit sama pada saat yang bersamaan. Ardel

BACA JUGA

Hasil FDR SSS NHK MotoPrix Surabaya 17 – 19 November 2017

BAGIKAN