nhk

FDR NHK SSS MotorPrix 2017: Lagi, ‘Colong’ Umur (MP5/MP6), Waspada Skorsing 3 Tahun, NISN Solusinya!

MP6, NISN, Motoprix
MP6 potensi curi umur sangat besar

ManiakMotor – Ditengarai ada aksi curang dengan ‘colong umur’ lagi di kelas pembibitan (MP 5 dan MP 6) pada MotorPrix (MP) Jawa.  Menurut Eddy Horison, Kabid Balap Motor PP IMI saat jumpa portal ini di YSR,  seri 2 MP Jawa di Subang (Jabar) besok wajib melampirkan NISN. Seri 1 Purwokerto kemarin ada yang belum siap.

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) jadi salah satu alat yang akurat untuk mengantisipasi kecurangan umur. Bisa dilacak tempat dan tahun lahir.  Disebutkan oleh Eddy, MP5 boleh diikuti maksimal 14 tahun dan tahun kelahiran 2001.  Sedang  MP 6 maksimal 14 tahun dengan tahun kelahiran 2003. Bulan bebas asal masih masuk tahunnya.  Untuk NISN bila ada tim yang curiga bisa lacak langsung di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

“Setelah masuk ke webnya, klik data siswa. Ada dua pencarian yakni berdasarkan NISN dan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir,”jelas Yuli Purnomo, staff kurikulum di SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Jateng.

Dedy Permadi yang kerap membina potensi belia di D45 Racing School menegaskan, NISN dan perangkat yang lain seperti ijazah, akte, dan kartu keluarga penting dilampirkan atas nama sportivitas. Jadi sejak dini attitude-nya sudah terbangun. Dedy bangga lantaran beberapa anak asuhnya sukses berprestasi nasional macam M. Adenanta (Honda Simple Concept).

So, bagi manager tim hal ini perlu jadi perhatian. Ini menyangkut kredibilitas tim. Jangan sampai tim dan rider belia tadi dirugikan. Tahun lalu, ada rider yang terkena sanksi tiga tahun skorsing. Tuh! Ardel

 

BAGIKAN