nhk

FDR NHK SSS MotorPrix 2017: Nih Rahasia MX King Bintang Centula, Pakai Kabel Pesawat!

MXKing, Erwin, Motoprix
Insert: Erwin Ridwansyah

ManiakMotor – Yamaha MX King 150 milik tim Yamaha Bintang Centula 41 RK Oku Timur yang dipacu Erwin Ridwansyah sukses raih juara umum MP1(150 cc seeded injeksi) region Sumatra. Hebatnya, ini tahun pertamanya dan tim full seri MotorPrix Sumatra. Lantas, apa kehebatan MX King yang dikorek Taufik TMS asal Yogyakarta ini.

“Basic powernya merata sama yang lain dikisaran 32,2 dk dengan torsi 19 Nm-an. Tapi ada yang spesial, kabel bodi yang biasa dipakai di pesawat terbang,” ungkap Taufik TMS yang diiyakan oleh Dwi MKO. Kolaborasi Taufik fokus pada engine dan Dwi urusan mapping dan kelistrikan, pantaslah MX King Erwin melejit.

Dwi merincikan soal kabel yang katanya belum diproduksi dan masih dipakai sendiri. Kabel bodi memang pakai punya pesawat. Hasil uji dyno ada kenaikan 1 dk jadi 32,2 dk, dari sebelumnya 31,2. Itu lantaran nilai hambatannya (baca : ohm) lebih kecil. AFR jadi basah, hasil uji di dyno ada kenaikan 1 dk di rpm 9000-12.000.

Pastinya, material kabel bodinya memang beda jauh. “Kalo ini dari perak, ada lilitan dan anti soring kabel. Proses pengerjaannya pun beda dengan kabel tembaga, terutama timah untuk soldernya. Kabel dengan hambatan kecil, begitu disolder langsung menyebar, jadinya lebih sulit,” tegas Dwi. Katanya, angka hambatannya mirip kabel antena tipi kualitas prima.

Sst..kabarnya ilmu ini juga diterapkan di YZFR25 (AP 250) pacuan Galang Hendra Pratama (YRI). Terbukti, GHP-sapaan akrab Galang podium pertama di seri India lalu. Hebat! Ardel   

 

BAGIKAN