nhk

FDR NHK SSS MotorPrix 2017 Purwokerto: MX King Borneo Racing (30dk), Dipacu ‘King’ Asia!  

Borneo, Motorprix, Purwokerto 2017

ManiakMotor – Sebagai pendatang baru, tim Yamaha Borneo Racing mampu bikin kejutan  di seri 1 IRS (Indospeed Race Series) di sirkuit Sentul, Bogor, Jabar lalu. Sang pembalap Gupita Kresna Wardhana berhasil naik podium kedua, baik di race 1 maupun race 2. Sukses ini tak lepas dari tangan dingin juru korek Bima Aditya, mantan pembalap nasional yang sebelumnya sudah membeberkan korekannya.

Yamaha Indonesia pun mempercayai  tim milik Budi Haryanto Heri ini berlaga di MotorPrix (MP) Jawa dengan tetap andalkan Gupito Kresna. “Selain IRS, tahun ini main di MP Jawa dan Kalimantan. Khusus MP Jawa, baru kali ini main, belum tahu pertarungan motor-motor di sini. Terpenting udah berusaha maksimal,” bilang Bima soal kans pacuannya di seri perdna MP Jawa yang bakal tayang Sabtu-Minggu (8-9/4) ini di Sirkuit GOR Satria Purwokerto, Jateng.

Soal peluang, tetap ada. Apalagi basis korekan MX King udah terbukti. Makanya, R15 korekannya melejit di IRS lalu. “Basic R15 sama dengan MX King. Tinggal final setting seperti AFR pada layout sirkuit, cuaca, dan kelembaban,” beber Bima yang andalkan TB (Throttle Body) SYS dan ECU aRacer itu. Seperti juga rata-rata MX King yang siap bertarung di seri 1 ini, MX King Bima juga bermain di 30 dk-an. Tapi BIma yang didukung dengan flow bench dan dyno milik sendiri itu punya kelebihan pada kecermatannya.

Hasil tes, lanjut Bima, CFM-nya 87 (in) dan 70 (ex) dengan durasi 270 , lift 8,6 pada klep diameter 23/21. Ia memainkan perbandingan kompresi di 12,8:1. So, menarik gebrakan MX King tarung dengan MX King papan atas macam garapan Widya Krida Laksan atau Sonic karaya Mlethiz MBKW2.

Apalagi dipacu  ‘King’ Asia. Yup, Gupita adalah raja Asia kelas UB 130 ARRC (2014-2015). Punya skill, stamina dan mental tarung di underbone. Hasilnya? Ardel  

 

BAGIKAN