nhk

FDR NHK SSS MotorPrix 2017 Yogyakarta: Heboh Porting CNC, MX-King vs Sonic 150R

GCRT, Motoprix, subang

ManiakMotor – Namanya juga porting yang telah dikerjakan mesin, pastilah presisi ketimbang dikorek pakai tangan. Akurasi derajat membuka dan menutup sesuai hitungan mekanik. Ini yang disebut porting CNC. Maksudnya lubang masuk dan buang telah diarahkan oleh robot alias CNC.

Porting yang dikerjakan CNC ini sebenarnya menunjukan taringnya ketika di Yamaha Sunday Race pada 17 September lalu di Sentul Besar. R25 yang digeber Richard Taroreh (Yamaha 549 Kaboci) sudah menerapkan porting CNC.  “Lubang in atau ex pada kiri dan  kanan hasilnya sama,” ujar Achos Lalang, mekanik Kaboci.

Lalang dan Taroreh kembali akan membawa MX-King dengan porting CNC ke FDR NHK SSS MotoPrix di Jogja minggu ini. Dia yakin kemampuannya akan sama dengan R25. Balapan motor region Jawa itu akan berlangsung 23 – 24 September 2017.

Kabarnya, Haris Shakti Prabowo alias Mlethiz, chief mechanic Sonic150R Fitriansyah Kete bakal aplikasi porting CNC di seri kali ini. Tentu aja, porting tersebut sesuai dengan hitungan derajat buka tutup versi Mlethiz. Bahkan Sonic 150R  Boy Arbi juga begitu. “Porting CNC ini sudah dipakai di seri sebelumnya. Hasilnya memang signifikan, porting lebih teliti,” timpal Achonk, mekanik Sonic 150R si Boy.

Seperti tadi, namanya juga dikerjakan mesin yang diperintah program komputer, efesiensinya lebih optimal. “Pokoknya lebih bagus dibanding porting manual, tenaga juga naik signifikan.  Sebagai pembanding dengan porting manual MX King kisaran 24 HP pakai porting CNC 27,8 HP,” ujar Sandy Agung owner SND Racing yang punya CNC porting.

Oooo… canggih ya. Ardel

BAGIKAN