nhk

FDR NHK SSS MotorPrix Serang 2017 (Seri 3): Z1 Vs Topan, Power Kuat Vs Rider Hebat!

MP Banten 2017 Topan

 

ManiakMotor-Tiga kali pole potition, akhirnya Rafid Topan juga podium terhormat di MP2 (Bebek 125 cc Seeded). Kiprah Topan yang membela tim Yamaha Syafina Racing Team memang menarik. Rider yang punya pengalaman bertarung dilevel Moto2, turun ‘gunung’ di MotorPrix (MP).

Sudah tiga seri berlangsung Topan boleh menunjukan kelasnya. “Dua seri sebelumnya, memang penyesuaian karakter sirkuit dadakan. Hampir 9 tahun nggak main trek pasar senggol. Juga jarang pegang bebek. Untuk sejak awal karir saya dengan bebek,” bilang joki peraih medali emas perorangan PON Jabar tahun lalu itu.

Topan mengaku sama sekali tak mengurangi porsi latihan fisik, meski main level MP. Kata Topan, menu wajibnya adalah lari dan grasstrack. “Lari minimal durasi tiga jam. Grasstrack untuk tetap jaga feeling dan kelincahan,” jelas Topan. Itu pun masih ditambah menu push up 80 kali dalam 4 set, set up 100 kali juga 4 set dan tread mill dengan speed 11 durasi 1 jam.

Faktor stamina memang jadi salah satu keunggulan Topan, “Bila tak ada masalah dengan engine. Skill dan stamina-nya jadi jurus kunci. Terlihat di MP2 kemarin, Topan memimpin sejak awal lap hingga finish. Dalam situasi mendesak pun dia mampu lakukan aksi di luar dugaan seperti di Subang lalu,” nilai Dedy Fermadi, yang jadi mentor Topan pada tim yang dikomandoi Novi Endaryono itu.

Kuatnya stamina Topan seperti juga kuatnya Z1 di MP2. Fakta kalo di MP2 Z1 sulit dilawan Blade KYZ hingga seri 3 ini. Tiga seri tiga podium mutlak milik Z1. “Basic motor memang mendukung akselerasi. Trek dadakan akselerasi memang taruhannya Selain itu, body setting Z1 memang enak dan nyaman,” komentar  Widya Krida Laksana alias GDT, mekanik yang kawal Z1 Topan.

So, power kuat, pembalap juga hebat. Ardel

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Serang, Banten 13 – 14 Mei 2017

 

 

 

BAGIKAN