nhk

FDR Perkenalkan Teknologi Eco Smart Tire 2014; Mesin Ringan Bensin Irit

 

ManiakMotor – Satu lagi teknologi kompon ban bikin enteng putaran roda yang otomatis bikin kinerja mesin ringan. Hasilnya bahan bakar yang irit, komponen yang awet dan hendling makin stabil. Itu semua tanpa mengurangi daya grip ban di jalan, malah makin lengket ya. Ban yang pintar dong.

Temuan ini dibawa PT Suryaraya Raberindo Industries (SRI) terhadap ban FDR. SRI menyebutnya  Eco Smart Tire (EST), ya ban pintar. Kontak gesek dengan jalan  rendah. Mesin tak terbebani tenaga untuk memutar roda,” ucap Herry Junaidi, Directur Marketing PT SRI saat memperkenalkan teknologi mereka saat buka puasa bersama di Restoran Meradelima, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 12 Juli 2014.

Logikanya dengan gesekan antara ban dan aspal rendah, putaran roda menjadi lebih jauh. Contoh bila tadinya untuk  40 km/jam butuh 2000 rpm, pakai ban ini cukup dengan 1.900 rpm. Waw itu sama dengan menambah top speed juga.  

Desain dan bobot bannya memang sama. Yang membedakan adalah adonan bahan bakunya. Ada aditive kompon yang tetap senyawa dengan jalan, tapi friksinya berkurang. “Konstruksinya sama seperti varian reguler (harian), ada  tambahan bahan baku yang bisa menimbulkan daya gesek rendah. Itu didukung dinding samping ban dibikin kokoh,” tambah Jimmy Handoyo, Technical Service and Development Departement Head PT SRI.

Karena sentuhan dengan jalan kecil, handling motor jadi mudah, karena ringan. Lincah, namun tetap stabil. Kolo lincah nggak stabil, itu bahaya. Maklum, PT Sri sebelum mensosialisasikan tentang teknologi baru ini, mereka sudah melakukan kajian lama dan dalam. Riset gitu pak.

Temuan pintar ini  bakalan diaplikasikan pada semua ban FDR Reguler dari mulai ring 14 inci sampai 17 inci untuk semua tipenya. Harga belum ditentukan, yang pasti akan naik antara 10% sampai 15%. “Harapannya pengguna roda dua dapat menerima teknologi EST. Ini salah satu teknologi yang belum ada pada di kompetitor,” ucap H. Riza, Promotion Department Head PT SRI yang bilang akan mendistribusikan pada Agustus 2014. Ghalb

BACA JUGA

Indoprix 2014 Sekayu; Pangkas Rekor 3 Detik, Ban FDR Khusus Skyland!

Indoprix 2014: Semua Rekor Sentul Kecil Pecah! Jawabannya?

IRS 2014 Sentul Seri-2; Bakal Ada Ban Balap FDR Untuk 250 Cc Dan Supersport 600

BAGIKAN