nhk

FDR Satu –Satunya Ban Nasional Berteknologi Menghemat Bahan Bakar, Eco Smart Tire

 

 

 

ManiakMotor – Kedengarannya memang hanya ban. Tapi di situlah alas motor pada bumi. Bila material ban motor sampeyan berat, apalagi kempes, pasti bahan bakar boros. Tenaga mesin hanya terbuang memutar bannya. Beda dengan  karya  PT Suryaraya Rubberindo Industries (PT SRI) selaku produsen ban FDR, mereka memiliki karet ban yang ringan. Itu ban punya efisiensi bersenyawa dengan aspal yang boleh menghemat bakar. Nama bannya Eco Smart Tire (EST).

EST adalah produk ban PT SRI dari pengembangan tiga tahun lalu berkaitan dengan  Green Environment. PT SRI dalam merancang EST menggandeng berbagai perguruan tinggi yang kompeten di bidangnya. Contoh dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang melakukan pengujian  laboratorium internal dan eksterna full to full hingga 7,1%.

Mereka menemukan formula kompon yang memiliki efisiensi tenaga dengan senyawanya ban bersama aspal jalanan. Ujian tersebut dengan berbagai karakter berkendara dan kondisi jalan.  “Karena itu FDR dengan beberapa perguruan tinggi mengikuti lomba irit bahan bakar. Ban berbasis EST  sudah pernah juara   se-Asia   di ajang  Shell Eco-Marathon. Saking ringannya itu ban EST, maka mudah diremas dengan tangan,” ujar Herry Junaidi, Direktur Marketing PT SRI mengandaikan soal entengnya ban FDR tersebut.

EST  pernah membawa   tim Sadewa Otto Universitas Indonesia juara. Saat itu mereka bertanding dikatagori  Urban Concept Gasoline Shell Eco-Marathon 2014 di Manila, Filipina. Dengan 1 liter bahan bakar mereka bisa menempuh 301.7 km.

Dari hasil uji prototype di kejuaran tersebut, FDR kembali melakukan pengembanagan lanjutan. Kali ini dengan asupan durability agar lebih kuat untuk menjelajah lebih jauh. “Ditingkatkan daya tahannya terutama pada  bagian dinding ban. Bobotnya tetap ringan seperti yang akan dipakai tim Sadewo Otto UI di kejuaran London nanti,”  timpal Riza, Marketing & Sales Division Head FDR di sela buka puasa bersama dengan FDR pada 14 Juni 2016.

PT SRI mengklaim, hanya FDR yang memiliki teknologi macam ini yang benar-benar EST. Ada sih merek import  seperti Michelin yang dipasarkan dengan harga Rp 3 jutaan. Kalo FDR dengan teknologi EST tentu di pasarkan dengan harga terjangkau, harga Indonesia. Eco Smart Tire FDR ini melalui pattern Facio dalam ukuran 80/90-14 dan 90/90-14. MM

BACA JUGA

FDR On The Road: Kawal Pemudik 2016 Dengan Servis Car di Jawa-Bali, Beli Ban Diskon 15% Dan Dapat Kaos

Prototype Ban FDR Buat Tim Sadewa UI Berlomba Di London, 1 Liter Besin 275 Km Pakai Ban FDR

FDR On The Road: Kawal Pemudik 2016 Dengan Servis Car di Jawa-Bali, Beli Ban Diskon 15% Dan Dapat Kaos

FDR-NHK MotoPrix 2016, Seru…!!! Lanud Gading Wonosari, Gunung Kidul, Jadi Arena Pembalasan MX King!

Road Race 2016 Di Filipina Sponsornya Pro-Liner Dan FDR, Eh Ada Juga SSS, Buatan Indonesia

BAGIKAN