nhk

FDR Sidrap Night Race (Sidrap Prix) 2016: Kelas Std Bebek 150 Dan 125 Std Model PON, Satu Merek Honda

 

 

ManiakMotor – SIDRAP  Night Race (SNR) yang lebih ngetop dengan Sidrap Prix, adanya hanya di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Di sana ada sirkuit Puncak Mario yang permanen dan mulai ngetop sejak tahun lalu dan puncaknya di malam pergantian tahun 2015 – 2016. Saat itu menajemen Sidrap Racing mendatangkan para pembalap kaliber Indonesia dengan bebeknya.

Sirkuit tersebut pun dikagumi dengan penerangannya untuk main malam. Berlanjut tahun ini dengan kemasan lebih professional yang dimulai 1 -3 April kemarin. Event itu disebut SNR tadi, dan memang  malam dibikin berseri dengan status nasional. “Pengembangan ekonomi dan wisata itu, bisa dibangun dari bermacam sudut. Kali ini coba dengan unsur racingnya, khususnya balap motor,” kata H Rusdi Massae, bupati Sidrap sebagai penunjang.

Dipanggilah para pemikir balap motor nasional untuk mencari model balapan yang tepat di Puncak Mario. Macam SNR ini dalam rencana lima seri di tahun 2016. Bentuknya ada empat kelas. Kelas tune-up hanya ada Bebek 150 TU seeded dan Bebek 125 TU seeded yang sifatnya open atau terbuka. Kelas ini disebut SNR1 (150) dan SNR2 (125). Aturan motornya seperti MP1 dan MP2.

Lalu ada Bebek 150 Standar (SNR3) dan Bebek 125 Standar (SNR4). Nah ini modelnya seperti PON. Menggunakan motor semerek, Honda dengan spesifikasi korekan yang sama. Di 150 pakai Honda Sonic 150R dan 125 pakai Honda Blade. “Untuk NSR1 dan NSR2 sebenarnya statusnya juga nasional. Tapi untuk NSR3 dan NSR4 adalah antar provinsi, macam PON,” timpal Eddy Horison dari Biro Olahraga Bermotor PP IMI yang jadi ‘kosultannya’.

Sebagai gambaran di SNR4 DAN SNR3 masing-masing disediakan 34 Honda Sonic 150 dan 34 Honda Blade. Unit tersebut berdasarkan jumlah pengprov IMI yang berada di Indonesia. “Model seperti ini tidak bedanya dengan PON. Motor disediakan pantia. Pembalap tinggal datang dan balap membanggakan daerah masing-masing. Perlu dihargai dari panitia, kalau PON hanya dua tahun sekali, ini lima seri,” papar Bambang Kapten, Ketum IMI Jatim  yang menonton anak-anak Jatim berlaga di sana.

Kemudahan yang sama sebenarnya ditawarkan pada kelas TU yang sifatnya open. Contoh soal transportasi disubsidi. Lalu motor dan perkakasnya boleh ditinggal di Sidrap, karena telah disediakan gundang penyimpanan. Dijamin aman untuk dipakai lima seri. Ayo ikut dong, tinggal ngomong secara kekeluargaan saja sama bupatinya yang punya dana. MM

BACA JUGA

Hasil Sidrap Prix, Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), 1 – 3 April 2016

Sidrap Night Race (Sidrap Prix) 2016, Sulsel: QTT Honda Sonic 150 TU Seeded, Tekuk MX King

MotoPrix 2016 Sidrap: Yamaha MX King Ungguli Serbuan Honda Sonic Di MP1

Kejurnas Balap Motor (KBM) Atau Indoprix 2016; Yamaha Tak Ambil Bagian! Peserta Disubsidi Sidrap, Loh!

Drag Bike 2016 Sidrap; Bebek 130 cc 4T TU, Jupie BMH RC, Porting Dan Noken Karya Lokal!

BAGIKAN