nhk

FDR Sidrap Prix 2016 Seri 2: MX-King Papua Superpole, Powernya 31 HP, ECU BRT

 

 

 

 

ManiakMotor – Nasdem FDR Sidrap Night Race (SNR) putaran kedua (29-30-31/7-2016) di sirkuit Puncak Mario, Sidrap, Sulsel, dihadiri para pembalap senior. Langsung, QTT kelas puncak atau Bebek 150 Seeded (SNR1) pun diperoleh dengan manis oleh  Fitriansyah Kete yang melombakan Yamaha MX-King dan Honda Sonic. Kete menunggang MX King milik Korwil IMI Supiori Papua yang dikorek oleh Haris Sakti Wibowo alias Mletiz.

Pada kualifikasi yang kelas disebut Sidra Night Race 1 (SNR1), rider senior asal Kaltim itu langsung terbang. “Saya jarang ke sirkuit ini, itu bila dibanding para pemblap tuan rumah atau Sulawesi yang pakai Honda. Tapi saya tahu apa yang harus dilakukan, terutama seting power motor terhadap ECU BRT dan gir,” sebut Kete yang dapat perlawan dari Handy Tuhatu (Honda Sidrap Kalao-Kalao Bank Sulselbar) dan Lucky Kaddi dari tim yang sama dengan Tuhatu, keduanya pakai Honda Sonic 150R.

Kete di kelas puncak itu mencetak 57.213 detik di superpole. Lombanya sendiri memang dibagi dari free practice, QTT, superpole 1 dan superpole 2. Nah, QTT lawan berat Kete adalah Andy Farhat (Astra Racing Team Sulsel) atau Richard Taroreh. Tapi Kete mampu mengatur irama motor dan kecepatannya sampai ke superpole. Hasilnya dia saat raceday malam minggu ini di Sidrap berada di grid pertama.

Di SNR1 itu memang menarik yang menjadi duel MX-King vs Sonic 150R. Di SNR1 ada 20 peserta, delapan menggunakan MX-King dan 12 unit Honda Sonic. “Kalau yang saya lihat, kedua merek ini seimbang di sirkuit Puncak Mario. Tidak ada yang diuntungkan oleh karakter sirkuit,” sebut Eddy Horison yang posisinya sebagai race director memang tidak bisa memihak salah satu merek, hehe.

Okelah, didengar dari suara MX-King yang digeber Kete, mesinnya memang menjanjikan. Maklum, portal ini cukup dengan suaranya sudah bisa dibaca kinerjanya. Begitu dilihat ternyata basis mesinnya di MBKW2 dari Mletiz. Di tengok di lintasan memang punya kelebihan berubah arah dengan cepat didorong akselerasinya. “MX King Kete sudah bermain di angka 31 HP (horse power) saat di dyno-test. Salah satunya kelebihannya pakai ECU BRT,ujar Yogi crew MBKW2 Yogyakarta yang mendampingi MX King Kete di lapangan.

Sekadar diketahui saja, sistem lomba yang disingkat SNR alias Sidrap Night Race ini, hanya diadakan malam. Lomba untuk SNR1 dan 2 antar tim dan SNR3 dan 4 antar provinsi yang tentu saja diwakili IMI Pengprov IMI masing-masing. Seru memang. 

Sementara, ‘penguasa’ sirkuit Puncak Mario yang diwakili tim ‘tuan rumah’  (Sidrap MPM Honda KYT IRC Nissin Trijaya) di kualifikasi ada persolan mesin. Maklum, dua Sonic 150R yang dikebut Ahwin Sanjaya dan Anggi Permana yang dipegang langsung Mletiz itu, telah berlari 56 detik saat latihan. Selanjutnya silakan lihat hasil di link bawah. Kalau lihat lombanya jauh bro, di Sulawesi Selatan. MM

BACA JUGA

Hasil FDR Sidrap Prix Seri 2, Sidrap, Sulsel 29 – 31 Juli 2016

Road Race Sidrap 2016 Jelang : 12 Pengprov IMI Kirim Pembalap PON, Seru…!!!

Road Race 2016: Pembalap PON Ditantang di FDR Night Race Sidrap, 10 Besar Dapat Uang!

Road Race 2016: Sidrap Prix Night Race Seri II Diundur, Lho…Ada Apa ya?

BAGIKAN