nhk

Filosofi Blue Core Yamaha Mio M3 125: Kuat Non Stop Hidup Sebulan Penuh

 

 

ManiakMotor – Ring piston tetap ketat, piston mulus, dinding silinder malah tercipta kaca film, sabuk CVT tetap bergerigi dan rollernya masih bulat. Itu setelah komponen All New Yamaha Mio M3 125 dibongkar  setelah sebulan penuh dihidupkan. Dibongkarnya pada 13 Desember 2014 di Cempaka Putih, Jakarta atau tepatnya di FSS DDS yang sejak dihidupkan tanggal 13 November lalu.

Seperti cerita awal soal filosofi Blue Core yang ada pada proyek Mio M3 125. Bahwa akan menghasilkan komponen yang unggul. Motor yang kuat bukan dalam hal tenaga, tapi juga kuat dalam komponen. “Tidak sekadar hidup, tapi ditaruh di meja dyno test dengan putaran 4.500 rpm. Buktinya semua komponen utuh,” jelas Muhammad Masykur, Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia. 

Putaran 4.500 rpm itu katanya sama dengan 35 km/jam. Jarak tempuhnya setara 24.675 km. Padahal dikasih oli yang biasanya direkomendasi buat Yamaha. Bahan bakar menggunakan Pertamax biru alias oktan 92. Ya kalau dikalikan 30 hari, itu mesin Mio 125 hidup 720 jam. 

Toh, silinder yang formula teknologinya diAsil kompak dengan piston yang ditempa atau forged. Faktanya konsumsi bahan bakar tidak berubah sejak dihidupkan awal sampai akhir mesin dimatikan, rata-rata 1 liter/61,76 km. Kan kalau piston berubah, bensin jadi boros bro. “Pokoknyanya dalam sebulan habis 420 liter besin, sehari 14 liter,” timpal Pirmansah selaku service area control DDs Jakarta.

Untuk penggerak memang nyata terlihat pada hasil pengukuran roller. Tadinya diameternya 20 mm, ketika diukur pakai sigmat jadinya 19.9 mm. Berati dalam jarak 24 km hanya menyusut  0.01 mm pada matik yang menggunakan fitur Eco (economi) untuk menuntun pengendara berkendara irit. Rzk

BACA JUGA

Yamaha New Mio M3 125; Harga Rp 13.98 Juta, Nih Yang Disebut Teknologi Blue Core

Konsumen Riau Pertama Beli Kawasaki H2, Yang Lain Boleh DP Rp 50 Jeti, Baru DP Tuh..!

All New Honda Beat eSP dan POP eSP 2015, Mesinnya Cerdik, Lincah Hemat..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353