nhk

FIM Longgarkan Jadwal MotoGP, WorldSBK, MXGP 2020 Sampai Januari 2021, IMI Bandel Tuh..!

ManiakMotor – Dampak virus corona bukan hanya MotoGP, seluruh kegiatan otosport terperngaruh oleh virus yang sangat cepat penyebarannya ini. Ya secepat balapan, “Semua kejuaraan dunia balap roda dua terpengaruh. Karena kami Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) harus tunduk dan selalu mengikuti WHO berserta otoritas negara yang disinggahi balap roda dua,” papar Presiden FIM Jorge Viegas.

Sebagai Presiden FIM, dia orang memang dalam situasi yang sulit, mengingat pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini makin meluas. Untuk sementara yang terupdate lebih dari 150.500 kasus dan 5.600 kasus kematian di seluruh dunia.

“Tapi kami menolak untuk mendramatisirnya. FIM bukan ahli virus, sulit memprediksi yang akan terjadi ke depan. Saya mengepalai asosiasi olahraga dunia ini yang juga mengawasi kegiatan olahraga bermotor lainnya seperti pariwisata. Tujuan FIM berusaha melanjutkan semua kegiatan yang ada,” kata orang Portugis berusia 63 tahun itu dalam sebuah wawancara dengan La Tribune de Genève and 24 Heures.

FIM bersama dengan para promotor dari berbagai disiplin ilmu balap motor, adalah salah satu pemain utama. FIM bisa menekan seperi Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang kelihatannya belum bergeming. Tuh Minggu 15 Maret 2020 masih banyak event-event yang mendatangkan manusia ke sirkkuit yang tetap berjalan. Bandel tuh..! Biasa mental Melayu… telmi mulu.

Padahal, FIM sebagai induk IMI telah mengajak pada para pembuat keputusan politik seluruh dunia agar waspada dengan corona virus. “Kmi akan selalu mengikuti instruksi dari pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. WHO yang punya otoritas. Sayangnya, saat ini ada kepanikan,” tambah Viegas dalam sambutannya dengan ditundanya event-event besar dunia seperti  MotoGP, WorldSBK, MXGP, AMA Supercross, Kejuaraan Enduro dan sabagainya deh.

Kalau begini, apakah mungkin beberapa kejuaraan akan berjalan hingga akhir tahun atau Desember dan ketemu Natal? “Jika perlu, ya! Bila membayangkan beberapa acara masih harus dibatalkan dan akan sulit dapat balapan lagi, jangan khawatir, kalau perlu, FIM akan melonggarkan jadwal hingga Januari 2021. Ini bukan hal tabu kok,” tambah Viegas.

Dampak Covid-19 juga menghadirkan tantangan keuangan bagi semua yang terlibat. Tentu saja, dan jika melihat situasi dunia sepeda motor saat ini, harus khawatir tentang konsekuensi global. Perusahaan tidak lagi bekerja, sekolah ditutup, seluruh perekonomian lesu. Itu akan memiliki konsekuensi, tetapi untuk saat ini masih sulit dihitung dengan tepat.

Viegas juga meluruskan, bahwa FIM adil untuk semua disiplin balapan. Nggak ada kesan hanya mengutamakan MotoGP sebagai kelas yang harus diselamatkan. “Tidak sama sekali. Semua sama,” pungkas Viegas dengan logat Portugalnya. Miolo

BACA JUGA

MotoGP 2020 Bagi Brivio Bukti Naiknya Performa Mesin Segaris, Sayang Losail Lolos..!

MotoGP 2020: Corona? Vinales Dibawa Ke Rumah Sakit Di Spanyol…

Road Race 2020: Peluncuran Tim Revolution Liquid Ratna Property NHK Regina Brisk

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353