nhk

Final Yamaha Cup Race (2014) Maguwoharjo, Jogja: Kuda Hitam Dari Z1 Racing!

 

ManiakMotor Kuda hitam hanya istilah. Kuda benaran adanya di sirkuit pacuan kuda. Yang ini kuda besi Jupiter Z dari Kawahara Racing from Chakarcha, itu bahasa bule dari Jakarta. Yang ‘hitamnya’ Boy Arbi Feby (Kawahara Racing Team) yang memang berkulit hitam manis, pada final YCR1 atau Bebek Tune-up 125 cc Seeded.

Boy mengunci kelas tersebut di Maguwoharjo, Jogja pada Ahad 9 November 2014. Boy diragukan lantaran hasil superpole YCR1 yang menempatkan pembalap asal Riau itu, dinilai lebih karena faktor luck. Ia hanya beruntung saat superpole dengan lintasan basah. Di wet race justru mesin yang powernya kecil bisa diuntungkan, karena mesin tidak memberi tenaga tiba-tiba yang bikin spin-spin dan goyang-goyang motor di lintasan berair. Pendeknya, meragukan motor Boy bisa menang di trek kering.

Tapi justru hal itu yang bikin mental Boy belipat. ”Saya di final YCR ini lewat QTT terlebih dahulu untuk mendapatkan sisa quota masuk superpole,” cerita Boy pada perjuangannya. Peserta superpole lainnya mereka yang juara dari delapan seri YCR yang diadakan Yamaha. Sementara Boy bukan tim wajib ikut YCR, ia berasal dari tim perorangan. Si Boy ini sebelumnya lebih terdengar di Kejurda Jabar, karena KIS-nya berasal dari sana.

Makin menguatkan jadi kuda hitam benar-benar meringkik  setelah Ervantona (Yamaha  Yamalube RPM NHK FDR AHRS SSS CREAMPIE MRT) dan Wibi Sakti (Yamaha Waloja Khevalindo IRC DRC KYB)  mampu menempati podium kedua dan ketiga.

Keduanya rider yang mendapatkan ‘tiket’ otomatis masuk superpole. “Final dengan tensi tinggi seperti ini, rider tanpa beban bisa tampil optimal,” nilai Supriyanto selaku Manejer Motosport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada penampilan si Boy.

Agus Setyawan (Yamaha Yamalube RPM NHK FDR AHRS SSS)  sebagai salah satu unggulan hanya mampu menempati posisi ke-6. Tapi dari perolehan poin dia juara YCR, karena poin dari serial ikut dibawa. Agus menempati grid ke-11 mengakui bahwa performa motornya tak seperti biasanya. Saat yang sama unggulan lain seperti, Sulung Giwa (Putra Anugrah NHK KYB SSS Excel) urung tampil buntut insiden yang melibatkan salah satu anggota tim asal Wonogiri itu.

Menariknya, di awal lap, Rheza Dhanica (Yamaha Yamalube TDR KYT FDR Trijaya) yang pegang Jupiter Z1 Racing mampu menempel ketat Boy yang pakai Jupiter karbu. “Ramuan Z1 ini sebenarnya sudah mulai ketemu, makanya optimis bisa memberikan kejutan. Tapi sayang ada kendala dengan rem belakang,” kilah Hariz Shakti Wibowo alias Mlethiz kliker tim asal Bandung itu. Rheza pun harus puas di posisi ke-4

Pun begitu, poin didapat Boy Arbi pada race belum cukup mendorongnya untuk dapat salah satu tiket ke Yamaha Asean Cup Race. Siapa gerangan? Ya lihat hasil di link di bawah. Ardel

BACA JUGA

 Hasil Final Yamaha Cup Race (YCR) Maguwoharjo, Jogja, 8 – 9 November 2014

Final Yamaha Cup Race (YCR) 2014; Munculnya Pembalap Non Pabrikan, Roookie Of The Year!

Final Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Maguwoharjo: Kuda Hitam Menuju Yamaha Asean!

BAGIKAN