nhk

Final Yamaha Cup Race 2019: Juara Umum YCR1 (Expert) Herman Bass, Mantap Dia..!

Herman Bass in action
Herman Bass in action

ManiakMotor – Namanya final pasti ada juara umum. Seperti Final Yamaha Cup Race 2019 di Tasikmalaya, Jabar 2019, sudah ada juara umum setiap kelas. Penting nih juara umum, sebab dari puluhan tahun one make race Yamaha memproduksi joki-joki road race Indonesia.

Dimulai dulu dari kelas paling bergensi Bebek 150 cc 4T Injection atau YCR1 yang sekqarang disebut Expert. Juara umumnya adalah Herman Bass yang menuntaskan dengan juara juga di sirkuit Bukit Peusar, Tasik, Jabar pada 17 November 2019. Pembalap dari Sulsel yang membela Yamaha Yamalube Akai Jaya BAF tersebut berhasil mengatasi lawan-lawan tangguhnuya dari semua region.

Herman Bass. Dapat hadiah R15 juara umum YCR 2019 YCR1
Herman Bass. Dapat hadiah R15 juara umum YCR 2019 YCR1

Adik dari Basri Bas yang pembalap Sulawesi era 2000-an itu, memang berbakat. Makanya direkrut Yamaha AKAI Jaya. Jam terbangnya juga sudah lumayan tingi. Ia kelahiran 1 Mei 1988. Sudah 31 tahun, “Saya mulai balapan sejak umur 16 tahun. Waktu itu langsung balapan road race,” kata Herman dari Pare-Pare tersebut.

Herman sempat vakum lho dua tahun dari road race. Ia hijrah ke garuk tanah alias grasstrack. Tapi katanya hanya ikut kelas kejurda dua kali habis itu sudah malas-malasan. Dia nggak betah kalau panas debu, kalau hujan becek. Hehe, kalau kalimat terakhir reporternya yang ngarang.

Ternyata Herman Bas juga sempat Balapan Grass track atau garuk tanah “Setelah saya vacuum selama 2 tahun itu, saya coba-coba ikut Grass track. Saya ikut kejurda 2 seri tapi ternyata masih lebih seruan Road race.”Tukas Herman Bas yang lanjut balap Road Race hingga saat ini di tim Akai Jaya itu.

Herman ini bukan kali ini saja menguasai Yamaha Cup Race. Seingatnya sudah empat kali. Berarti tahun ini yang ke-4. Dulu katanya, namanya justru Sunday Race yang sekarang digunakan lagi di kelas sport one make race Yamaha di Sentul. Lengakapnya Yamaha Sunday Race. Lalau katanya berubah OMR Yamaha dan sekarang YCR.

Herman pemilik bobot 52 Kg dan tinggi badan 167 cm itu sudah dua tahun lebih bersama Yamaha Akai Jaya Racing Team,  “Kesan selama ini dengan Yamaha sangat baik. Mereka selalu perhatian terhadap pembalap. Kamu satu tim seperti keluarga sendiri. Mulai dari mekanik, helper, supir dan rekan setim saya. Semua seperti keluarga,” sebut Herman yang kembali debfab AKAI di One Prix dan MotoPrix tahun depan. Raider


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353