nhk

Final Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Maguwoharjo: 96 Pembalap Pilihan Akan Habis-Habisan

ManiakMotor – Final sama artinya dengan penghabisan. Pembalap yang maju ke sana akan tampil habis-habisan. Tim pun demikian, akan menghabiskan semua ajian mereka untuk ‘menghabisi’ lawan, tapi jangan sampai kehabisan dana pak. Panitia pun akan menampilkan performa abis soal event kualitas tinggi.

Itulah Final Yamaha Cup Race 2014. Partai puncak one make race (OMR) ini berlangsung di area Stadion Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta pada 8 – 9 November 2014. Ada 96 pembalap yang lolos dari 8 seri lalu dan sebagian dari MotoPrix yang telah terkasana sebelumnya untuk maju ke final. Mereka sudah peras abis kemampuan demi namanya final tersebut.

Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), agak bertolak belakang soal habis-habisan ini. Katanya walau sifatnya final ini belum penghabisan. Sebab, masih ada langkah-langkah selanjutnya ke pentas lebih tinggi.  “YCR hanya menjadi tolok ukur pembibitan dan pembinaan. Dari YRC akan didorong lagi ke Asean, Asia, Internasional dan puncaknya ke MotoGP,” jelas Supriyanto yang sepanjang tahun ini melakukan edukasi soal balap dan teknologinya.

Di usia 25 YCR, tahun ini ada 8 seri yang belum termasuk finalnya. Dimulai dari Purwokerto, Kediri, Bogor (Sentul), Medan, Padang, Bangka, night race Makassar, dan Palu di Sulteng. Setiap seri diambil rider yang membukukan poin terbanyak  pertama dan kedua di kelas YCR1 sampai YCR 6. Finalis YCR ditambah juga dari poin terbaik pertama dan kedua kelas MP1 sampai MP4 di Motoprix Region 3 (Bali, NTT, NTB) dan Region 4 (Kalimantan).

Pastilah menarik untuk menonton para jagoan yang terseleksi tersebut di trek Maguwoharjo yang model ‘U’. Panjang sirkuitnya 975 meter dan lebar 6-10. Di final YCR kelas yang dilombakan adalah YCR1 sampai YCR6, maksimal grid start yang disediakan ada 24.

Jadi sejak awal mereka sudah habis-habisan di kualifikasi. Apalagi disediakan tempat buat pembalap yang tidak lolos ke final YCR. Mereka boleh lewat  kualifikasi. Lolos dari sini menuju superpole bersama rider yang sebelumnya terpilih ke ke final berdasarkan poin seri YCR.

Ayo habiskan, eh habisi walau pun belum habis karena bulan depan masih ada Yamaha Asean Race. MM

BACA JUGA

Yamaha Riding Academy Okayama International Circuit Jepang, Perdalam Ilmu Manajemen Ban

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Donggala: Persiapan Matang, Hasilnya Ke Final

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Palu: Kualifikasi Bebek 110 Yang Ketat

BAGIKAN